Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga dengan Baik, Catat ya!

Ini Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga dengan Baik, Catat ya!
Foto: Ilustrasi (Steve Buissinne dari Pixabay)

 

MURIANEWS, Kudus – Mengelola keuangan dalam rumah tangga merupakan hal yang penting dilakukan. Sebab, jika tidak dikelola dengan baik, maka masalah keuangan ini bisa berdampak pada keharmonisan rumah tangga.

Meski pendapatan yang dihasilkan cukup besar, namun tetap perlu dikelola dengan baik. Dengan demikian, ketika suatu saat butuh biaya mendadak yang cukup besar nilainya, tidak akan kebingungan.

Dalam mengelola keuangan rumah tangga ini bukan urusan mudah. Terkadang, banyak keluarga yang menganggap remeh masalah keuangan ini. Akibatnya, banyak kesulitan yang didapat di kemudian hari.

Baca juga: Keuangan Syariah Dipercaya Mampu Percepat Pemulihan Ekonomi

Lantas, bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga yang baik? Melansir dari Suara.com, salah seorang Pakar Perencana Keuangan Bayern Mochaddin mengatakan, mengelola uang dalam keluarga biasanya akan tergantung dengan kecermatan pihak perempuan. Hal ini karena perempuan dianggap sebagai penggerak rumah tangga.

Dengan begitu, perempuan harus bisa mengelola keuangan keluarga dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat pos anggaran, menentukan skala prioritas, serta evaluasi pengeluaran.

”Tiga langkah pengelolaan keuangan yang dapat dilakukan setiap perempuan adalah membuat pos anggaran, menentukan skala prioritas, serta evaluasi pengeluaran,” kata Bareyn.

”Sedangkan mereka yang memiliki penghasilan tambahan, yang perlu diperhatikan adalah hindari mencampur keuangan bisnis dengan keuangan keluarga,” tambahnya.

Untuk mengelola keuangan dengan baik juga diperlukan beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut beberapa tips untuk mengelola keuangan dengan baik bagi keluarga!

Susun Rencana Belanja Bulanan

Dengan menyusun rencana belanja, keluarga akan tahu hal apa yang memang diperlukan. Bareyn menjelaskan, cara mudah menyusun rencana belanja ini yaitu dengan rumus 10-20-30-40. Artinya 10 persen untuk sosial, 20 untuk finansial, 30 untuk utang, dan 40 untuk kebutuhan harian.

Identifikasi Kebutuhan dan Keinginan

Keinginanan dan kebutuhan adalah hal berbeda. Usahakan ketika ingin berbelanja fokus terhadap hal yang dibutuhkan. Dengan begitu semua kebutuhan keluarga akan terpenuhi dengan baik. Jika ada hal yang diinginkan perhatikan juga seberapa berguna hal tersebut untuk keluarga.

Jangan Tunda Angsuran

Angsuran adalah hal yang penting. Ketika mendapat penghasilan, selalu pisahkan untuk membayar angsuran yang dimiliki.

Dengan begitu, tidak akan ada beban sehingga pihak keluarga akan dapat membagi penghasilan lainnya untuk kebutuhan.

Komunikasi bersama Pasangan

Komunikasi adalah hal yang penting agar rumah tangga berjalan lancar. Ketika ada hal yang memang dibutuhkan dan harus dibeli, usahakan komunikasi dengan pasangan. Dengan begitu pengelolaan keuangan yang dilakukan juga akan menjadi baik.

Siapkan untuk Asuransi dan Dana Darurat

Selalu siapkan penghasilan untuk asuransi dan dana darurat. Hal ini karena bisa saja ada kejadian yang tidak dapat diprediksi dan membutuhkan pengeluaran. Oleh karena itu, selain bayar angsuran dan beli kebutuhan, siapkan penghasilan untuk dana darurat dan asuransi.

Investasikan jika Ada Sisa

Ketika semua hal kebutuhan sudah terpenuhi dan masih memberikan sisa, keluarga dapat melakukan investasi. Dengan berinvestasi, keuangan nantinya dapat bertambah dan baik untuk ke depannya. Untuk itu, investasi dapat menjadi opsi jika masih ada sisa penghasilan. Itu dia beberapa cara mengelola keuangan dengan baik.

Bareyn mengatakan, pada dasarnya tidak masalah seberapa besar gaji yang dimiliki. Selama orang tersebut bisa mengelola dengan baik, pasti juga akan maksimal penggunaannya.

”Bukan hanya tentang banyaknya, tapi gimana cara kita mengelolanya. Penghasilan bukanlah jaminan,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suara.com

Comments
Loading...