Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Pilih Buku Dibandingkan Laptop atau HP, Siswa SD di Banyumas Ini Bikin Ganjar Takjub

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berbincang dengan Didik Maulana (tengah) saat bermain egrang. (Istimewa)

MURIANEWS, Banyumas – Pilihan Didik Maulana (9), siswa kelas 4 SD 3 Kejawar, Kabupaten Banyumas membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo takjub. Hal ini lantaran ia lebih memilih buku dibandingkan laptop atau handphone (HP) saat Ganjar ingin memberikan hadiah.

Pilihan berbeda itu sangat diapresiasi oleh Ganjar karena tidak banyak anak yang memilih buku. Apalagi, di beberapa tempat, Ganjar sering menjumpai anak yang meminta hadiah, laptop, hp, hingga sepeda saat memberikan hadiah.

”Ini surprise buat saya. Kalau saya kasih hadiah, sepeda apa laptop apa handphone apa buku, laptop biasanya nomor satu. Tapi ini surprise ada anak-anak yang memilih buku,” kata Ganjar saat menghadiri Festival Hari Anak Jawa Tengah di Pendapa Kecamatan Banyumas, Rabu (27/7/2022).

Awalnya, Ganjar yang diminta memberikan sambutan dalam acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2022 Tingkat Provinsi Jawa Tengah meminta beberapa anak untuk naik ke atas panggung.

Pertama yang diminta naik adalah anak yang dapat menjelaskan kembali pesan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga yang hadir secara daring.

Kedua, Ganjar meminta salah seorang anak yang bermain egrang untuk naik ke panggung. Setelah itu beberapa anak yang bisa bernyanyi, menari, dan bercerita atau mendongeng ikut diminta naik ke panggung.

Saat itulah Diki langsung naik dengan membawa egrang miliknya. Ia bergabung dengan sejumlah anak-anak lain yang diminta Ganjar untuk menunjukkan kelihaiannya dalam bernyanyi, menari, dan mendongeng. Khusus untuk Diki ia diminta oleh Ganjar untuk naik mainan tradisional egrang.

Begitu semua anak menyelesaikan tantangan, tibalah saat Ganjar memberikan apresiasi atas keberanian anak-anak tersebut. Ganjar kemudian menyuruh anak-anak memilih hadiah sesuai titik yang ia tentukan. Titik pertama adalah tempat hadiah buku. Kemudian secara berurutan titik hadiah handphone, sepeda, dan laptop.

Anak-anak langsung berjalan menuju titik-titik yang ditentukan setelah Ganjar mempersilakan. Di antaranya enam anak-anak itu, hanya Diki yang berdiri di titik hadiah buku. Lainnya ada yang memilih handphone, sepeda, dan laptop.

Momen itulah yang membuat Ganjar takjub sehingga ia berjanji akan memberikan banyak buku kepada Diki. Tak tanggung-tanggung, buku yang akan dihadiahkan kepada Diki akan seharga hadiah laptop. Harapan Ganjar buku-buku itu dapat membantu Diki mewujudkan cita-citanya menjadi polisi.

”Biasanya tidak ada yang memilih buku. Seolah-olah bukunya satu, o tidak, saya akan carikan buku buat anak itu dan nanti akan saya tanya sukanya baca buku apa. Nanti akan saya belikan buku seharga laptop,” ujar Ganjar.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...