Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Yogyakarta

Dinkes Temukan Kasus Varian Baru Omicron di 5 Kabupaten di DIY

Covid-19
Subvarian omicron (Ilustrasi/Murianews)

MURIANEWS, Yogyakarta – Dinas Kesahatan (Dinkes) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengakui telah mendapati virus Omicron varian baru sub BA.4 dan BA.5 di DIY.

Hal itu diketahui setelah Dinkes mengambil sampel 55 orang terkonfirmasi Covid-19 ke laborat. Hasilnya, lebih dari setengahnya terkonfirmasi varian BA. 5.

Kepala Dinkes DIY Pembajun Setianingastutie mengatakan, 55 sampel yang diambil berasal dari lima kabupaten. Sedangkan, periode pemeriksaan dilakukan sejak bulan Januari 2022 hingga Juli 2022.

”Hasilnya, BA.1-like: 11,1 persen, BA.2-like: 22,2 persen, BA.4-like: 3,7 persen, BA.5-like: 62,9 persen,” kata Pembajun seperti dikutip Detik.com, Rabu (27/7/2022).

Baca: Puncak Omicron BA.4 dan BA.5 Diprediksi Terjadi Pada Akhir Juli

Temuan itu, lanjut Pembajun, merupakan hasil laboratorium Whole Genome Sequencing (WGS) 55 sampel dari lima Kabupaten/Kota di DIY yang masuk di Laboratorium Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM.

”Kriteria sampel yang dikirim untuk dilakukan test WGS untuk sub varian baru masih sama dengan kriterianya dengan tes WGS Omicron. Penularan cepat di lingkungan serta beberapa sampel memiliki CT Value di bawah 30,” katanya.

Atas temuan itu, Pembajun meminta kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan tidak berkerumun agar tidak terpapar Omicron sub varian baru. Mengingat sub varian baru ini lebih cepat menular.

”Tetap prokes dilaksanakan. Karena sub varian baru ini lebih cepat menular,” kata dia.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan saat ini angka konfirmasi positif Covid-19 di DIY memang cenderung mengalami kenaikan. Pihaknya pun meminta Dinkes DIY melakukan survei untuk memastikan varian virus Covid-19 itu.

”Kalau Delta harus segera diobati, kalau Omicron kan bisa sembuh sendiri,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...