Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ada Kecelakaan Kerja, Disnakertrans Grobogan: Perusahaan Harus Perhatikan Hak-Hak Karyawan

Ada Kecelakaan Kerja, Disnakertrans Grobogan: Perusahaan Harus Perhatikan Hak-Hak Karyawan
Kepala Disnakertrans Grobogan Teguh Harjo Kusumo. (MURIANEWS/Saiful Anwar).

MURIANEWS, Grobogan – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Grobogan meminta perusahaan-perusahaan di Kabupaten Grobogan untuk memerhatikan hak-hak karyawannya.

Itu menyusul adanya kecelakaan kerja yang menimpa karyawan PT Holi Karya Sakti, Selasa (26/7/2022).

Kepala Disnakertrans Grobogan, Teguh Harjokusumo meminta perusahaan memberikan hak korban kecelakaan kerja itu. Pihaknya pun akan memastikan hak-hak korban apakah sudah dipenuhi atau belum.

”Nanti sambil melihat isi PKB (Perjanjian Kerja Bersama) yang telah dibuat oleh perusahaan bersama dengan Serikat Pekerja. Selain JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) dan JKM (Jaminan Kematian) dari BPJS, apakah dari perusahaan ada santunan tersendiri atau tidak, akan kami koordinasikan,” katanya, Rabu (27/7/2022).

Baca: Kecelakaan Kerja, Karyawan Holy Grobogan Tewas

Di samping itu, Teguh meminta perusahaan memerhatikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Menurutnya, manajemen K3 merupakan hal yang kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan serta kesehatan para perkerja. Yakni, melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Dengan manajemen K3, karyawan atau buruh diharapkan dapat bekerja dengan kondisi yang benar-benar aman, tenang, nyaman, dan sehat. Penerapan K3 yang baik, ujar Teguh, akan mencapai nihilnya kecelakaan kerja.

Lebih lanjut, Teguh memaparkan, perusahan harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi ketentuan dalam K3 bagi karyawan di perusahaan masing-masing.

”Yang pertama yaitu sertifikasi peralatan K3, kinerja P2K3 yang telah dimiliki oleh perusahaan, pemeriksaan rutin uji peralatan K3, dan SOP (standar operasional prosedur) penggunaan peralatan kerja,” imbuhnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...