Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Cari Batik Khas Kudus? Ini Daftar Toko yang Bisa Anda Kunjungi

Karyawan Tere Batik, sedang menyelesaikan proses membatik. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Mengunjungi Kabupaten Kudus, Jawa Tengah tidak lengkap jika belum membawa oleh-oleh khasnya. Salah satunya batik khas Kudus, yang bisa didapatkan di sejumlah outlet di Kota Kretek.

Murianews merangkum beberapa toko batik di Kudus, Jawa Tengah. Setidaknya ada enam toko batik yang patut dicoba.

1. Sekar Jagad Batik

Sekar Jagad Batik terletak di RT 05, RW 04, Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Di outlet ini menjual berbagai jenis batik khas Kudus maupun dari berbagai daerah.

Harga batik di outlet ini dimulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Di outlet ini menyediakan produk terbaru. Yakni batik Batik cap peta nusantara. Batik ini dibuat menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

2. Djanoer Batik

Outlet batik selanjutnya yakni Djanoer Batik. Lokasinya berada di RT 4 RW 7 Desa Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Sih Karyadi, Owner Djanoer Batik Kudus mayoritas menjual batik cap di outletnya. Harga batiknya terjangkau dimulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Di Djanoer Batik ini terdapat beberapa produk. Salah satunya batik cap dengan motif Gusjigang.

3. Muria Batik

Pilihan outlet selanjutnya ada di Muria Batik. Lokasi Muria Batik berada di RT 04, RW 02, Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Muria Batik menyediakan beberapa batik. Mulai dari batik Kudusan hingga nonKudusan. Harga yang ditawarkan beragam, mulai ratusan ribu hinga jutaan.

Baca: Muria Batik Luncurkan Batik Cerita Rakyat Kretek

Di outlet ini juga menyediakan batik batik tulis cerita rakyat kretek. Di batik tersebut menggambarkan proses pembuatan rokok dari saat pembuatan tembakau awal hingga siap dikonsumsi.

4. Dasa Batik

Dasa Batik terletak di Galeri Gentamas Batik Kudus, Jalan Sosrokartono, nomor 1, Desa Barongan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Dasa Batik menyediakan beberapa motif Kudusan.

Setidaknya sudah ada 12 batik khas Kudusan yang  dikembangkan. Di antaranya batik Kudus motif Penari Kretek, motif Gunungan Menara Kudus, Pisang Byar Khas Colo dan Parijoto, motif Gerbang K3 dan Kopi Muria, serta lainnya.

Harga batik motif Kudusan itu dijual Rp 300 ribu hingga Rp 1,8 juta untuk batik tulis. Sedangkan batik cap dijual mulai harga Rp 85 ribu hingga Rp 195 ribu. Harga tersebut untuk satu kain batik berukuran 2 meter x 1,5 meter.

Pencari batik dapat datang langsung ke outlet Dasa Batik. Lokasinya cukup mudah karena terletak di pinggir jalan.

5. Tere Batik

Outlet selanjutnya yang dapat dicoba bagi pecinta batik ada di Tere Batik. Lokasi Tere Batik di Ruko Wijaya Royal Residence nomor 7, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Di outlet ini terdapat beberapa produk batik. Pelanggan dapat memesan dengan datang langsung maupun menghubungi Owner Tere Batik Kudus, Teresia Leony Widihastuti.

6. Omah Batik-Ku

Pelanggan juga dapat menyambangi Omah Batik-Ku atau Omah Batik Kudus untuk membeli batik. Omah Batik-Ku berada di Desa Langgardalem RT 04, RW 01, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Di sini terdapat beberapa motif batik tulis Kudusan. Harganya beragam dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...