Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Internasional

Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 7,3

Filipina Diguncang Gempa Magnitudo 7,3
Foto: Ilustrasi gempa bumi (pixabay.com)

MURIANEWS, Jakarta – Gempa dengan magnitudo 7,3 guncang Provinsi Abra, Filipina. Gempa terjadi pada pukul 08.43 waktu setempat, Rabu (27/7/2022).

Akibat gempa tersebut, dikabarkan beberapa bangunan di wilayah Abra mengalami roboh. Selain itu, jaringan listrik di walayah tersebut juga dilaporkan terputus.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) melaporkan pusat gempa terletak dua kilometer dari barat daya Kota Lagangilang, Abra, dengan kedalaman 25 km.

Baca: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Flores Timur, warga Berhamburan ke Luar 

”Ini adalah gempa besar. (Gempa) yang lebih besar dari Magnitudo 7 dapat menghancurkan,” kata Kepala Phivolcs, Renato Solidum, dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (27/7/2022).

Gubernur Pampanga, Dennis Pineda, juga mengimbau warga provinsi itu untuk waspada terhadap gempa susulan. Sejumlah pejabat penanganan bencana juga tengah memantau area lain untuk mengetahui kerusakan yang terjadi.

Baca: Cilacap Diguncang Tiga Kali Gempa Hari Ini

Tak hanya di Abra, gempa juga terasa hingga ke Metro Manila. Transportasi umum Filipina, seperti MRT, kereta api, dan LRT turut mengumumkan penangguhan layanan.

Penangguhan itu dilakukan untuk mengecek keamanan layanan setelah gempa. Gempa juga dilaporkan terjadi di Dolores, dengan masyarakat merasakan kekuatan penuh gempa.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...