Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perpanjang SIM Bisa Online Sambil Rebahan, Warga Kudus pun Bisa

Surat Izin Mengemudi untuk kendaraan roda dua (SIM C). (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) kini tak lagi ribet. Bahkan bisa dilakukan sambil rebahan di rumah, karena bisa diurus dengan sistem online.

Masa berlaku SIM selama lima tahun, jika tak diperpanjang pengendara bisa kena tilang.

Kalau sebelumnya, perpanjangan SIM harus dilakukan melalui kantor Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), kini bisa dilakukan dari mana saja. Pasalnya, Korlantas Polri telah menyediakan layanan perpanjangan SIM yang bisa diakses secara online.

Sehingga masyarakat tidak perlu datang dan antre, hanya cukup mengajukan permohonan perpanjangan SIM melalui SIM Nasional Presisi (SINAR) di dalam aplikasi Digital Korlantas Polri.

Aplikasi SINAR bisa diunduh melalui Playstore, dan akan bisa diakses melalui smartphone masing-masing pengguna.

Dalam aplikasi itu sudah disediakan berbagai formulir untuk pengajuan perpanjangan SIM. Semuanya bisa dilakukan secara daring. Termasuk biaya perpanjangan SIM, tes kesehatan dan psikologi bisa langsung ditransfer.

Baca: Info Bagi Warga Kudus, Ini Cara dan Biaya Perpanjang SIM Online

Setelah semua tahapan selesai, pemohon bisa memilih SIM diantar langsung ke rumah melalui layanan POS atau diambil ke polres terdekat.

KBO Lantas Satlantas Polres Kudus Ipda Ngatno mengatakan, saat ini Satpas SIM Polres Kudus belum terhubung dengan aplikasi SIM online tersebut. Baru ada sejumlah Satpas SIM di Polres kota-kota besar yang terhubung di aplikasi tersebut.

”Yang bisa itu seperti Polrestabes Semarang, Polresta Banyumas. Kami juga belum tahu Kudus akan ikut terhubung kapan, mungkin saat ini baru penyempurnaan,” katanya Rabu, (27/7/2022).

Baca: Ini Cara Mudah Bayar Denda Tilang Secara Online, Bisa Dilakukan dari Mana Saja

Meski demikian, masyarakat Kabupaten Kudus tak perlu berkecil hati. Karena masih bisa mengakses perpanjangan SIM online melalui aplikasi tersebut.

Nantinya, bisa dihubungkan dengan Satpas SIM polres yang paling terdekat.

Salah satu warga Kudus Reihan Amir Saputra menyebut, adanya aplikasi perpanjangan SIM online sangat membantu. Pasalnya, ia tak perlu datang ke Satpas dan mengantre untuk melakukan perpanjangan SIM.

”Semuanya lewat online, dan SIMnya dikirim ke rumah. Kemarin, terhubungnya dengan Polrestabes Semarang,” ucap warga Kelurahan Mlati Nrowito, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah itu.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...