Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ingin Top Speed Motor Matik Jadi Lebih Tinggi, Lakukan ini Saat Servis CVT

Ingin Top Speed Motor Matik Jadi Lebih Tinggi, Lakukan ini Saat Servis CVT
Foto: Ilustrasi servis CVT motor matik (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Melakukan servis motor secara rutin penting dilakukan agar performa kendaraan terjaga dan nyaman dikendarai. Hal ini juga berlaku pada motor matik.

Ada bagian motor matik yang perlu diservis rutin. Yakni, pada CVT (Continuously Variable Transmission).

Ketika servis CVT motor matik selain melakukan pengecekan hingga membersihkan komponen, juga bisa melakukan upgrade. Salah satunya upgrade sederhana yang bisa membuat top speed lebih tinggi dengan kerok jalur roller di CVT.

Baca juga: Ini Fungsi Kunci Treker yang Harus Dipakai saat Servis CVT Motor Matik Sendiri

Dikerok agar jalurnya mengikuti jalur yang ada. Cara sederhana ini dilakukan dengan memodifikasi komponen CVT yang ada di motor.

”Jadi jalur roller yang ada di rumah roller atau pulley depan di buat lebih panjang,” jelas Asep Risman dari Siliwangi Motor di Jl. Kalimulya, Depok, Jawa Barat seperti dikutip dari Gridoto.com.

Biasanya pulley bawaan motor punya jalur roller yang tidak dibuat landai sampai atas. Karena itu tak jarang mekanik mengakali dengan melandaikan sisi ujung rumah roller agar jalur lebih panjang untuk meningkatkan top speed.

Asep berujar agar jalurnya lebih panjang harus memakai alat khusus. Meski terlihat mudah, pengerjaannya harus teliti serta jalurnya harus landai dan halus agar naik turun roller tidak terhambat.

Sederhananya dengan memperpanjang jalur, roller dapat bergulir lebih tinggi ke rumah roller. Efeknya putaran atas mesin akan lebih mengisi yang berpengaruh ke peningkatan top speed.

Memodifikasi jalur roller di pulley bawaan sebenarnya jadi alternatif jika tidak ingin membeli pulley aftermarket. Selain itu mengerok jalur pulley juga lebih terjangkau harganya dibandingkan membeli pulley aftermarket yang punya jalur lebih tinggi yang dijual di pasaran.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...