Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Jenis Penyakit yang Buat BPJS Kesehatan Bisa Tekor

Ini Jenis Penyakit yang Buat BPJS Kesehatan Bisa Tekor
Foto: Ilustrasi pelayanan BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap ada beberapa penyakit yang membuat klaim BPJS naik bahkan hingga membuat tekor. Salah satunya adalah jenis penyakit jantung.

Menurutnya, penyakit jantung selain telah banyak menjadi penyebab hilangnya nyawa manusia juga menjadi sebab tingginya tagihan BPJS.

”Penyakit yang paling banyak menyebabkan kehilangan nyawa dan paling banyak tagihan di BPJS itu adalah penyakit jantung, heart disease,” kata Menkes dikutip dari detik.com, Selasa (26/7/2022).

Baca: Kelas BPJS Kesehatan akan Dihapus, Pembayaran Iuran 5 Persen dari Gaji

Dia juga membeberkan bahwa rujukan yang paling banyak sejauh ini adalah penyakit jantung. Sebagian besar adalah untuk pasang ring.

”Untuk layanan rujukan penyakit paling banyak jantung. Jadi, jantung intervensinya pasang ring,” tutur Budi.

Sekali pun pemasangan ring jantung ini ditanggung oleh BPJS, namun tidak semua provinsi bisa mendapatkan layanan tersebut.

Menurutnya, sejauh ini baru ada 28 provinsi dari 34 provinsi yang bisa diberikan layanan pemasangan ring jantung.

”Tidak semua provinsi Indonesia mendapatkan pelayanan pemasangan ring untuk pasien penyakit jantung. Dari 34 provinsi, hanya 28 yang baru bisa mendapatkan pelayanan tersebut,” ungkapnya.

Baca: Dirut BPJS Kesehatan: Penghapusan Kelas Rawat Inap Tak Boleh Tergesa-gesa

Adapun provinsi seperti Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku Selatan, Papua, hingga Papua Barat sampai saat ini masih belum memiliki layanan khusus untuk pemasangan ring bagi pengidap penyakit jantung.

”34 provinsi berapa yang bisa pasang ring kalau orang kena heart attack sebagai penyakit dengan kematian paling tinggi? (Jawabannya) 28,” lanjutnya.

”Jadi catatan dari harapan kita, itu ada Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku Selatan, Papua, Papua Barat, belum bisa pasang ring,” sambungnya.

 

Penulis: Cholis Anwar

Editor: Cholis Anwar

Sumber: Detik.com

Comments
Loading...