Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disdik Tunggu Pusat Perbaiki SDN Canan Klaten

Gedung SDN 2 Canan, Klaten, rusak belum diperbaiki, Selasa (26/7/2022). (DetikJateng/Achmad Hussein Syauqi)

MURIANEWS, Klaten – Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten mengaku sudah melaporkan kerusakan SDN 2 Canan ke pemerintah pusat. Karena itu, pihaknya masih menunggu intruksi kapan perbaikan bisa dilakukan.

Plt Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Pemkab Klaten, Derajat Setiaji, mengatakan perbaikan gedung memang prosesnya agak lama. Meski sudah dilaporkan, tetapi masih harus menunggu persetujuan kementerian.

”(Kerusakan SDN 2 Canan) sudah dilaporkan. Namun perbaikan masih menunggu persetujuan Kementerian (Kemendikbudristek),” katanya seperti dikutip DetikJateng.

Ia pun menjelaskan, perbaikan gedung masuknya memang pada Dana Alokasi Khusus (DAK). Hanya saja, semua aturan harus dilakukan, termasuk persetujuan dari kementerian.

Baca: Rusak Sejak 2019, Kondisi SDN 2 Canan Kian Memprihatinkan

”Iya pakai DAK (Dana Alokasi khusus). Yang pasti sudah dilaporkan, kita tunggu saja,” tambah Derajat.

Sebelumnya, kondisi gedung SDN 2 Canan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten yang sudah rusak sejak 2019 lalu, semakin memprihatinkan. Padahal, kerusakan tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan

Kepala SDN 2 Canan Wartini mengatakan, beberapa ruangan yang rusak parah tak hanya ruang kelas. Beberapa gedung seperti ruang kepala sekolah juga rusak. Bahkan, setiap kali ada hujan turun selalu bocor.

”Iya air masuk saat hujan (ruang kepala sekolah). Yang ruang laborat, kelas 4, 5 dan 6 atap rusak dimakan rayap, keramik terangkat dan perpus atap juga mulai dimakan rayap,” katanya seperti dikutip detikJateng, Selasa (26/7/2022).

Akibatnya, ruangan yang jebol dan rusak untuk sementara tidak digunakan. Dirinya pun berkantor bersama guru di ruang guru.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik Jateng

Comments
Loading...