Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bisa Dicoba, Ini Tips Cegah Keguguran dari IBI Kudus

Foto: Ilustrasi ibu hamil (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Ibu yang sedang hamil perlu memperhatikan beragam hal demi menjaga kandungannya agar tidak keguguran. Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kudus pun memberikan tips agar tidak terjadi keguguran.

Ketua IBI Kudus Darini mengatakan, untuk mencegah keguguran perlu adanya Antenatal Care (ANC). ANC merupakan pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh dokter atau bidan. Tujuan dari ANC ini untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil.

“ANC ini untuk mencegah keguguran. Terutama bagi yang sedang hamil muda itu rawan terjadi keguguran karena penempelan hasil konsepsi baru awal pertama kali dilakukan,” katanya, Selasa (26/7/2022).

Lebih lanjut, Darini menyarankan agar ibu hamil tidak melakukan pekerjaan yang berat. Apalagi melakukan kegiatan mengangkat beban berat.

”Stres juga tidak diperbolehkan. Termasuk melakukan kegiatan perjalanan jarak jauh juga tidak disarankan. Apalagi yang usia kehamilannya belum 20 pekan itu rawan terjadinya keguguran,” sambungnya.

Baca: Ini Tips Supaya Bisa Cepat Hamil di Usia 35 Tahun ke Atas

Lebih lanjut, asupan nutrisi dan gizi yang seimbang dibutuhkan bagi ibu hamil. Selain itu disarankan untuk mengonsumsi tablet penambah darah.

Menurutnya, konsumsi tablet penambah darah bermanfaat karena untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.

Ibu hamil yang terkena anemia dapat memberikan efek buruk bagi kehamilannya karena dapat mengakibatkan stunting.

”Kalau sudah terkena anemia dampaknya beragam. Mulai dari berat badan bayi yang tidak normal dan mengakibatkan terjadinya pendarahan saat proses persalinan,” terangnya.

Kontrol rutin setiap bulan menjelang persalinan juga diperlukan. Ibu hamil yang kandungannya sudah delapan bulan disarankan kontrol dua pekan sekali.

”Kalau sudah sembilan bulan, kontrolnya sepekan sekali. Karena itu penting. Dokter akan mengecek kandungan kehamilan pasien, berat badan, tekanan darah, dan pemeriksaan lainnya,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...