Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

DPR Minta Pemerintah Segera Cari Vaksin Cacar Monyet

DPR Minta Pemerintah Segera Cari Vaksin Cacar Monyet
Ilustrasi vaksin cacar monyet (Freepik)

MURIANEWS, Jakarta – DPR meminta kepada pemerintah untuk segera mencari vaksin cacar monyet atau monkeypox. Hal ini lantaran cacar monyet tetalh ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh organisasi kesehatan dunia (WHO).

Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani mengatakan, sekali pun belum ada kasus di Indonesia terkait cacar monyet, tetapi antisipasi sangat penting. Salah satunya adalah dengan mencari vaksin cacar monyet.

Selain itu, dia juga meminta agar pemerintah segera melakukan penelitian terkait cacar monyet tersebut.

Baca: Cacar Monyet jadi Darurat Kesehatan Global, Ini Imbauan Kemenkes

”Jangan sampai kita ketinggalan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengantisipasi penyakit tersebut. Indonesia sebagai Presidensi G20 harus menjadi yang terdepan dalam melawan potensi-potensi wabah global seperti cacar monyet,” katanya, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (26/7/2022).

Menurut Netty, yang bisa dilakukan pemerintah adalah menyiapkan langkah pencegahan atau penularan dengan mengedukasi masyarakat. Dia mengatakan bahwa edukasi bisa disampaikan mulai dari medium penularan, cara pencegahan, dan faktor yang bisa memicu penularan cacar monyet.

Baca: Cacar Monyet Sudah menjangkiti Warga India dan Thailand, Kawasan Asia Tenggara Waspada

”Berikan edukasi kepada masyarakat tentang medium penularan, cara pencegahan, dan faktor yang bisa memicu terjangkitnya penyakit cacar monyet,” kata dia.

Lebih lanjut, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengingatkan pemerintah agar bisa belajar dari pandemi Covid-19. Ia tak ingin pemerintah menganggap enteng sehingga justru berakibat fatal di kemudian hari.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...