Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Diikutkan Lomba, Kali Boom Welahan Jepara Dipoles

Diikutkan Lomba, Kali Boom Welahan Jepara Dipoles |MURIANEWS
Kondisi Kali Boom Welahan Jepara jelang lomba Komunitas Peduli Sungai (KPS). (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kali Boom, Desa Welahan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dipoles. Sebab, lokasi itu bakal dinilai untuk lomba Komunitas Peduli Sungai (KPS) tingkat Jawa Tengah.

KPS Bina Muda, pengelola Kali Boom merupakan satu-satunya di wilayah Eks-Karesidenan Pati yang mengikuti lomba tersebut. Sejumlah persiapan dan perbaikan pun dilakukan.

Dalam lomba itu, Kali Boom akan bersaing dengan dengan enam sungai di Jawa Tengah, yakni dari Klaten, Banjarnegara, Brebes, dan Kendal.

Baca: Sungai Meluap, Dua Desa di Jepara Terendam Banjir

Petinggi Welahan, Ahmad Jerjes menyebut sudah dua pekan ini persiapan dimatangkan. Lomba ini merupakan yang pertama diikuti KPS Bina Muda.

”Untuk itu, kami tidak mau hasilnya mengecewakan. Targetnya kami bisa jadi Juara I,” tegas Jerjes, Selasa (26/7/2022).

Selain mengikuti lomba, kata Jerjes, perbaikan Kali Boom juga dimaksudkan guna menjaga kelestarian sungai dan lingkungannya. Diharapkan nantinya dapat dilakukan perawatan secara berkelanjutan.

Jerjes menjelaskan, lomba tersebut mestinya dilaksanakan pada 2020 lalu. Namun, lantaran pandemi Covid-19, lomba itu baru bisa dilaksanakan tahun ini.

”Saat ini pembersihan sungai dan bantaran dan pembuatan taman-taman,” kata Jerjes,

Kesiapan lomba itu ditinjau langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta. Dia mengecek kondisi Kali Boom. Dia meminta jajaran Pemerintah Welahan agar menyiapkan secara baik.

”Semangat persiapannya. Harus menang,” kata Edy.

Dia juga memerintahkan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jepara, Ary Bachtiar untuk membantu persiapan lomba itu. Dia berharap KPS Bina Muda dan Kali Boom bisa mengharumkan nama Jepara di level provinsi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...