Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jadi DPO, Mardani Maming Resmi Buronan KPK

Jadi DPO, Mardani Maming Resmi Buronan KPK
Mardani H Maming (istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan Mardani H Maming masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Hal ini setelah upaya jemput paksa yang dilakukan oleh KPK di salah satu apartemen, tidak membuahkan hasil.

”Hari ini KPK memasukkan tersangka ini dalam daftar pencarian orang (DPO) dan paralel dengan itu KPK juga berkirim surat ke Bareskrim Polri untuk meminta bantuan penangkapan terhadap tersangka dimaksud,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, dikutip dari Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Ali memberikan alasan dimasukkannya mardani Maming dalam DPO tersebut lantaran Bandahara Umum PBNU itu tidak kooperatif memenuhi panggilan KPK.

Baca: Mardani Maming Dijemput Paksa KPK

Karena itu, KPK pun meminta kader PDIP tersebut untuk menyerahkan diri, sehingga pengusutan perkara ini tidak mengalami kendala.

”Jika masyarakat memiliki informasi, silakan dapat menghubungi langsung KPK melalui call center 198 atau Kantor Kepolisian terdekat,” kata Ali.

Sebelumnya, Mardani H Maming ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima suap terkait penerbitan izin usaha pertambangan.

Baca: Ini Daftar Lengkap Jajaran Pengurus PBNU Periode 2022-2027

Ia disebut menerima Rp 104,3 miliar selama 2104-2021 atau tujuh tahun. KPK juga menduga Maming mendapatkan fasilitas dan biaya mendirikan beberapa perusahaan setelah menerbitkan izin pertambangan dan produksi batubara untuk PT Prolindo Cipta Nusantara.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...