Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bea Cukai Kudus Usut Delapan Kasus Rokok Ilegal, Tujuh Orang Jadi Tersangka

Kepala Bea Cukai Kudus Moh Arif Setijo Nugroho. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bea Cukai Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bersama Kejaksaan Negeri di sejumlah daerah tengah melakukan pengusutan delapan perkara produksi dan penyelundupan rokok ilegal di Kabupaten Jepara, Rembang, dan Pati.

Dari delapan perkara tersebut, didapati tujuh orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka, adalah para pemilik dari 9,6 juta batang rokok ilegal yang berhasil diamankan petugas Bea Cukai tahun 2022 ini.

”Ada yang sudah inkrah, ada yang sedang dalam proses lidik bersama dengan kejaksaan di beberapa wilayah,” kata Kepala Bea Cukai Kudus Moh Arif Setijo Nugroho, Selasa (26/7/2022).

Dia menyampaikan, bila terbukti melanggar undang-undang, maka akan ada hukuman pidanan dan denda. Penindakan ini, adalah sebagai langkah membuat jera para produsen rokok ilegal.

”Tentu kalau melanggar undang-undang yang ada, hukuman pidana jelas ada sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan,” ujarnya.

Baca: 7,9 Juta Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan Bea Cukai Kudus

Bea Cukai sendiri, lanjut Arif, terus melakukan penindakan dan pencegahan peredaran rokok ilegal. Adapun salah satu cara pencegahannya adalah dengan sosialisasi anti rokok ilegal.

”Sosialisasi itu perlu untuk langkah preventif,” tandasnya.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sendiri baru saja melakukan pemusnahan 7,9 juta batang rokok ilegal hasil sitaan periode Oktober 2021 hingga Maret 2022.

Rinciannya adalah 7.918.643 batang segaret kretek mesin (SKM) dan 850 sigaret kretek tangan (SKT).

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...