Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Mulai Suntikan Tambahan Vaksin PMK ke Sapi Potong

Petugas tengah mengecek vaksin PMK yang akan digunakan untuk vaksinasi ternak Kamis besok. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai menyuntikkan alokasi tambahan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk dosis pertama di tahap kedua.

Sasarannya, adalah puluhan ternak di Desa Kuwukan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Kabupaten Kudus sebelumnya menerima tambahan vaksin PMK untuk penyuntikan dosis pertama. Adapun jumlahnya adalah sebanyak 300 dosis.

Subkoordinator Produksi dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kudus Sidi Pramono menyampaikan, untuk tahap kedua ini vaksin akan diprioritaskan ke sapi-sapi potong.

Baca: Kasus Harian PMK di Jepara Turun, Sudah Terkendali?

Utamanya yang berusia dua pekan hingga satu tahunan dan memiliki masa pelihara hingga 7 bulan.

”Hari ini kami mulai jalan lagi, yang pertama di Kuwukan karena sapi yang sudah terdata dan laik vaksin ada di sana,” katanya, Selasa (26/7/2022).

Sidi mengungkapkan, ada sejumlah kriteria ternak yang boleh mendapatkan vaksin tersebut. Satu yang paling penting adalah hewan ternak tersebut tidak sedang terinfeksi PMK saat akan divaksin.

”Begitu pula kalau sudah sembuh atau gampangnya pernah kena, ini tidak bisa divaksin,” ujarnya.

Baca: Jumlah Ternak Terjangkit PMK di Kudus Menurun

Untuk umur, Sidi menyampaikan ternak minimal harus berusia dua pekan saat mendapat suntikan vaksin. Hewan, juga tidak boleh dalam kondisi yang stres apalagi hewan ternak yang sedang bunting.

Manfaat dari vaksin sendiri adalah untuk meningkatkan antibody dari para hewan ternak. Sehingga hewan tersebut tidak mudah terserang PMK.

Masing-masing sapi, rencananya akan menerima tiga kali suntikan vaksin dengan jumlah dosis per suntikannya sebanyak 2 ml.

Suntikan pertama ke kedua punya jeda empat pekan dan suntikan kedua ke suntikan ketiga punya jeda selama enam bulan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...