Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Durian Margorejo dan Jambu Air Menawan Diajukan jadi Buah Asli Kudus

Bupati Kudus HM Hartopo menunjukkan durian margorejo saat pencanaganan Desa Wisata Margorejo, beberapa waktu lalu. (Murianews/Diskominfo Kudus)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, mendaftarkan jambu air menawan dan durian margorejo sebagai varietas buah asli Kudus. Pengajuan tersebut ditujukan ke Kementerian Pertanian melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian.

Kabupaten Kudus, sebelumnya telah memiliki hak klaim atas varietas alpukat japan. Kini pemkab mengajukan permohonan untuk klaim dua buah tersebut.

Subkoordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus Arin Nikmah mengatakan, pihaknya kini tengah mempersiapkan buah terbaik untuk diuji varietasnya.

Prosesnya memang tidak sebentar, namun dia yakin Kabupaten Kudus bisa mengklaim dua buah tersebut sebagai buah khas Kudus.

”Pohon induk dua buah tersebut sudah kami temukan, sehingga tinggal kami siapkan (buah) yang terbaik untuk diuji. Karena memang pengujiannya butuh buah dengan kualitas yang paling bagus,” kata dia, Selasa (26/7/2022).

Baca: Alpukat Japan Resmi jadi Buah Lokal Asli Kudus

Ketika sudah ditemukan pohon indukan tersebut, kemudian akan dilakukanlah observasi dan uji varietas bunga dan buahnya. Proses tersebut minimal dilakukan dua kali untuk uji bunga dan buahnya.

”Mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi beberapa tahun ini musim buahnya tidak sebagus musim-musim lalu. Walau begitu kami rasa kesempatan terbuka lebar,” pungkasnya.

Sebelum ini, alpukat japan dari Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, telah resmi jadi varietas buah lokal Kota Kretek.

Pemerintah Kabupaten Kudus, sebelumnya mengajukan klaim varietas tersebut di tahun 2021 dan rampung proses verifikasinya tahun 2022 ini.

Baca: Diburu Peziarah Sunan Muria, Ini Sederet Khasiat Buah Parijoto

Buah yang tumbuh subur di lereng Pegunungan Muria itu, memiliki ciri khas buah yang besar dan panjang. Warna buah dari alpukat japan punya warna daging yang lebih kuning dan rasanya tak kalah dari alpukat aligator maupun alpukat mentega.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...