Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Awas! Memakai BBM Oktan Rendah Bisa Berisiko Tenaga Mesin Mobil Drop

Awas! Memakai BBM Oktan Rendah Bisa Berisiko Tenaga Mesin Mobil Drop
Foto: Ilustrasi isi BBM (Engin Akyurt dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Kenaikan harga BBM non subsidi, seperti Pertamax (RON 92) dan Pertamax Turbo (RON 98) membuat banyak pemilik mobil yang beralih membeli Pertalite (RON 90). Alasannya, harga pertalite yang mendapat subsidi lebih terjangkau.

Namun, pemakaian BBM Pertalite bagi beberapa jenis mobil ini sebenarnya tidak dianjurkan. Sebab, menggunakan bahan bakar yang lebih rendah dari rekomendasi pabrikan justru ada konsekuensinya.

Pernyataan itu diungkapkan Dr. Ing. Ir. Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Motor Bakar Institut Teknologi Bandung (ITB) seperti dilansir dari Gridoto.com.

Baca juga: Ini Arti Bilangan Oktan pada Bahan Bakar Minyak, Pakai Sesuai Spesifikasi Mesin

”Umumnya tenaga mesin bisa drop saat kita memutuskan pakai bensin yang oktannya lebih rendah dari spesifikasi mesin,” ucap Tri.

Ini karena bahan bakar beroktan rendah mudah sekali terbakar. Mudahnya terbakar justru membuat mesin mengalami pre-ignition pembakaran mengakibatkan detonasi.

Hal tersebut terjadi lebih dulu sebelum kompresi maksimal dan busi mengeluarkan percikan api. Karena telah terbakar lebih dulu, daya ledak di ruang bakar juga akan lemah.

”Daya dorong piston saat menghasilkan tenaga mesin akan berkurang sifnifikan,” jelasnya.

Hasilnya tenaga mesin akan terkoreksi karena penggunaan bbm oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrikan mobil.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...