Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PMI Grobogan Galakkan Penyemprotan Eco Enzyme Cegah PMK

PMI Grobogan Galakkan Penyemprotan Eco Enzyme Cegah PMK
Gesit (kiri) dari PMI Grobogan melatih pembuatan disinfektan eco enzyme kepada warga di Kabupaten Grobogan. (Murianews/Istimewa PMI Grobogan)

MURIANEWS, Grobogan – PMI Grobogan menggalakkan penyemprotan eco enzyme sebagai disinfektan pada sejumlah pasar hewan di Grobogan, Jawa Tengah. Itu dilakukan guna mencegah berkembangnya virus PMK yang kini masih mewabah.

Kasi Pelayanan Masyarakat PMI Grobogan Gesit Kristyawan mengungkapkan, penyemprotan eco enzyme sejauh ini telah dilakukan di sejumlah pasar hewan, salah satunya Pasar Hewan Kalongan, Ketitang.

”Penyemprotan eco enzyme juga telah dilakukan di beberapa kandang komunal dan kandang sapi milik warga,” ujar Gesit, Senin (25/7/2022).

Tidak hanya melakukan penyemprotan, kata Gesit, Tim Spraying PMI Grobogan juga telah melakukan sosialisasi pembuatan cairan tersebut ke sejumlah komunitas masyarakat.

”Sudah terlaksana di beberapa lokasi, antara lain di Tambirejo, Kapung, Kradenan, dan Wirosari. Harapan kami para peternak bisa membuat eco enzyme sendiri dan menggunakannya sendiri,” imbuhnya.

Baca: PMI Grobogan Ajarkan Peternak Bikin Eco Enzyme

Menurut Gesit, sosialisasi pembuatan eco enzyme penting bagi masyarakat. Sebab, sebagai disinfektan, eco enzyme terbukti efektif memutus penyebaran virus PMK.

Pembuatannya pun cukup mudah. Yakni dari cairan hasil fermentasi kulit buah, gula jawa atau tetes tebu (molase), dan air.

Secara khusus, Gesit mengaku tersanjung karena Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang menyambangi Grobogan pada Jumat (25/7/2022) lalu menyatakan terima kasih kepada PMI Grobogan.

”Saat Pak Menteri Pertanian meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi ternak, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada PMI Kabupaten Grobogan yang telah membantu Pemerintah dalam penanganan PMK,” kata dia.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...