Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disdukcapil Jepara Serahkan Akta Kematian Jemaah Haji yang Wafat di Mekkah

Disdukcapil Jepara Serahkan Akta Kematian Jemaah Haji yang Wafat di Mekkah
Penyerahan akta kematian oleh Kepala Disdukcapil Jepara, Abdul Syukur kepada istri almarhum, Nur Hamidah. (Murianews/Disdukcapil Jepara)

MURIANEWS, Jepara – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menyerahkan akta kematian atas nama Muhammad Rodli, jemaah haji yang wafat saat menjalankan ibadah haji di Mekkah.

Akta kematian tersebut diserahkan langsung Kepala Disdukcapil Jepara, Abdul Syukur kepada istri almarhum, Nur Hamidah, Senin (25/7/2022).

Syukur menyampaikan, akta kematian itu bisa keluar dengan cepat lantaran kerja sama antara Disdukcapil Jepara dengan Konsulat Jenderal RI Jeddah melalui Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Dikatakan pemberiaan akta kematian ini merupakan jenis layanan terintegrasi.

Baca: Satu Calon Haji Asal Jepara Wafat di Mekkah

”Hari ini kami serahkan akta kematian. Prosesnya cukup cepat. Setelah mendapat informasi, dengan cepat kami memprosesnya,” kata Syukur.

”Selain mendapatkan akta kematian, istri almarhum mendapat KTP el baru dengan status baru yaitu cerai mati dan kartu keluarga yang baru,” jelas dia.

Abdul Syukur menambahkan pelayanan yang cepat dan gratis ini menjadi salah satu bentuk simpati pada keluarga almarhum.

”Jadi, ahli waris tidak perlu mengurusnya, tetapi kami langsung menerbitkan dokumennya. Mudah-mudahan langkah kami ini bisa meringankan warga,” imbuh Abdul Syukur.

Diketahui, Jemaah Haji Jepara, Muhammad Rodli warga RT 6 RW 1 Desa Bulungan, Kecamatan Pakis Aji meninggal dunia di tanah suci. Jenazah Rodli langsung disalatkan dan dimakamkan di Mekkah.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...