Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pabrik Suwastama Sukoharjo Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Tangkapan layar kebakaran PT Suwastama, Gumpang, Kartasura, Senin (25/7/2022). (Istimewa)

MURIANEWS, Sukoharjo – Musibah kebakaran menimpa pabrik Suwastama di jalan Slamet Riyadi 280, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, Senin (25/7/2022). Pabrik yang diketahui bergerak di bidang mebel itu terbakar sekitar pukul 10.15 WIB.

Tim Renovasi PT Suwastama Winarto mengatakan, dugaan sementara kebakaran tersebut disebabkan percikan api dari grenda potong yang digunakan untuk pembersihan kawasan setempat.

”Kami sedang melakukan pembersihan rutin, saat pembersihan itu ada bagian yang harus dilepas,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Tetapi karena sudah lama dan terkena korosi, pihaknya harus di lepas menggunakan alat. ”Kami menggunakan alat grenda potong, dari percikan api [grenda potong] menyebabkan terbakarnya area,” tambah Winarto.

Dia membeberkan di dalam area PT Suwastama yang kebakaran tersebut ada barang-barang sisa produksi yang menempel di dinding. Hal itulah yang menyebabkan api dari percikan grenda membakar lokasi setempat.

”Sebetulnya dinding sendiri berbahan galvanis (material seng yang melapisi besi, baja murni dan baja ringan untuk melindungi agar besi maupun baja tidak terjadi korosi). Tetapi karena ada kotoran yang menempel sehingga menyebabkan kebakaran,” jelasnya.

Winarto mengatakan penanganan cukup cepat, api sudah separuh dikendalikan ketika pemadam kebakaran (damkar) datang ke area  PT Suwastama yang terbakar.

”Kalau saya sendiri tidak tahu berapa lama damkar datang setelah kejadian. Kalau saya langsung di lokasi memimpin rekan rekan memadamkan api, dengan (alat pemadam kebakaran) Apar dan juga hidran yang kita miliki. Mungkin sekitar 20 menitan damkar kemudian datang,” katanya.

Dia menambahkan di dalam lokasi kejadian sebagian besar berisi furniture dari rotan. Lebih lanjut, luas lahan yang terbakar sekitar 8 meter x 10 meter. Mesin produksi seperti  kipas blower dan alat lain turut hangus dilalap si jago merah.

”Kerugian lebih dari Rp100 juta, tetapi belum bisa memastikan berapa angka pastinya,” kata dia.

Human Resource dan General Affair, PT Suwastama, Hayu Wijayanto, menambahkan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...