Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jembatan Juwana Pati Dibongkar

Jembatan Juwana Pati Dibongkar
Proses pembongkaran Jembatan Juwana dimulai. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Jembatan Juwana atau Jembatan Callender Hamilton (CH) Kabupaten Pati dibongkar. Proses pembongkaran sudah dilakukan sejak Rabu (20/7/2022).

”Ini sudah mulai proses pembongkaran jembatan. Saat ini lagi bongkar (mengebor) lantai jembatan untuk pekerjaan pondasi bore pile. Lalu, dua tiga hari lagi akan dibongkar dari atas jembatannya,” kata Contruction Manager PT Bukaka Teknik Utama Tbk Jateng, Fathoni kepada Murianews, Senin (25/7/2022).

Baca: Bukan 9 Bulan, Renovasi Jembatan Juwana Pati Bisa Sampai 2 Tahun

Pembongkaran Jembatan Juwana dilakukan setelah jalur alternatif sudah siap digunakan. Dengan begitu, diharapkan proses pembongkaran tak mengganggu arus lalu lintas.

Jembatan Juwana Selatan yang tidak dibongkar sudah diperlebar agar bisa dilewati dua arah. Diharapkan pengendara kendaraan berat menggunakan jambatan ini dan tidak menggunakan alternatif jalan lain.

Terpisah, Bupati Pati Haryanto mengatakan, pihaknya sudah lima kali mengadakan rapat membahas pembongkaran jembatan tersebut. Rapat itu membahas kesiapan jalur alternatif hingga sosialisasi ke masyarakat. Setelah semua beres, pihaknya pun mengizinkan pembongkaran jembatan.

”Jembatan Juwana ini kan tahapannya panjang. Ini sudah proses persiapan dan pembongkaran jembatan,” kata Haryanto.

Dia menuturkan, sudah ada jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan dampak dari pembongkaran jembatan. Kemudian, akses Desa Bumirejo, Kecamatan Juwana yang dinilai titik rawan kemacetan ditutup dan dicarikan alternatif lain.

”Kelambatan kendaraan pasti ada di jalur alternatif. Akan tetapi, bagaimana bisa mengurangi kemacetan itu. Akses jalan di titik Desa Bumirejo ditutup menggunakan barier beton (biar tidak digeser). Jadi mobil tak bisa lewat,” tuturnya.

Sementara Kabag Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Pati Ipda Muslimin menambahkan, sudah ada pembatas jalan di jalur alternatif. Sehingga, kendaraan tak bisa putar balik saat berada di Desa Bumirejo.

”Kalau motor lewat jalur di bawah jembatan selatan itu. Sedangkan mobil lewat jalan depan SMK Diponegoro Juwana (Jalan Kamboja),” tandasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...