Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Cacar Monyet jadi Darurat Kesehatan Global, Ini Imbauan Kemenkes

Cacar Monyet jadi Darurat Kesehatan Global, Ini Imbauan Kemenkes
Ilustrasi Cacar Monyet (Freepik)

MURIANEWS, Jakarta – Wabah cacar monyet atau monkeypox dinyatakan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan global. Merespon hal itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pun memberikan sejumlah imbauan.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan. Bukan hanya karena covid-19, tetapi juga untuk mengantisipasi wabah cacar monyet ini.

Kemudian, lanjutnya, yang paling penting adalah mencuci tangan dan menghindari kontak erat dengan orang yang mempunyai gejala-gejala monkeypox.

Baca: Cacar Monyet Sudah menjangkiti Warga India dan Thailand, Kawasan Asia Tenggara Waspada

Pihaknya juga meminta kepada warga agar segera melapor ke petugas kesehatan apabila memiliki gejala-gejala awal cacar monyet. Sementara gejala itu diantaranya seperti panas, kelainan pada kulit, bintik-bintik merah, hingga vesikel berisi cairan atau nanah.

”Dan yang paling khas kalau ada pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dan selangkangan,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Baca: WHO Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global

Kendati demikian, Maxi memastikan bahwa hingga saat ini belum ada kasus cacar monyet di Indonesia.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...