Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Internasional

Cacar Monyet Sudah menjangkiti Warga India dan Thailand, Kawasan Asia Tenggara Waspada

Cacar Monyet Sudah menjangkiti Warga India dan Thailand, Kawasan Asia Tenggara Waspada
Ilustrasi seorang terpapar cacar monyet (freepik)

MURIANEWS, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta kepada negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara untuk mempunyai kewaspadaan lebih terhadap wabah cacar monyet atau monkeypox.

Direktur Regional WHO Asia Tenggara Poonam Khetrapal Singh mengatakan, secara global sudah ada 16.000 kasus cacar monyet yang menyebar di berbagai negara. sementara negara yang sudah terdeteksi ada sebanyak 75 negara.

“Empat kasus diantaranya ditemukan di Asia Tenggara, yakni dari India tiga kasus dan satu kasus dari Thailand,” katanya, dikutip dari Antaranews, Senin (25/7/2022).

Baca: WHO Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global

Menurutnya, kasus yang terjadi di India itu dialami oleh warga setempat sepulang dari Timur Tengah. Sementara untuk warga Thailand yang terpapar adalah pernah melakukan perjalanan internasional.

”Yang penting, upaya dan tindakan yang dilakukan terfokus harus sensitif, tanpa stigma atau diskriminasi,” katanya.

Sementara virus cacar monyet ditularkan dari hewan yang terinfeksi ke manusia melalui kontak secara tidak langsung maupun langsung. Penularan dari manusia ke manusia dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit atau lesi yang menular, termasuk tatap muka, kulit ke kulit, dan droplet melalui pernapasan.

Baca: Cacar Monyet Belum Teridentifikasi di Indonesia, Menkes Minta Perketat Pintu Masuk Kedatangan Luar Negeri

Penularan juga dapat terjadi dari bahan yang terkontaminasi seperti linen, tempat tidur, elektronik, pakaian, yang memiliki partikel kulit yang menular.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Antaranews.com

Comments
Loading...