Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Internasional

WHO Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global

WHO Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global
Ilustrasi Cacar Monyet (Freepik)

MURIANEWS, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan bahwa wabah cacar monyet atau monkeypox sudah menjadi darurat kesehatan global. Hal ini lantaran semakin meluasnya wabah cacar monyet tersebut di berbagai negara.

WHO mencatat, sudah ada 70 negara yang terdampak dari cacat monyet ini. Sehingga dengan jumlah tersebut sudah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai darurat kesehatan global.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, dengan adanya status darurat kesehatan global ini menjadi alaram bagi semua negara untuk selalu waspada terhadap cacar monyet tersebut.

Selain itu, untuk dokter ahli yang bisa menangani cacar monyet tersebut juga masih minim. Sehingga pihak WHO sendiri segera menetapkan status kedaruratan agar masing-masing negara mempunyai kewaspadaan dini.

Baca: Mengenal Penyakit Cacar Monyet, Ini Gejala dan Tanda-Tandanya

“Kami memiliki wabah yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui mode penularan baru yang kami pahami terlalu sedikit dan yang memenuhi kriteria dalam peraturan kesehatan internasional,” kata Tedros, dikutip dari Kompas.com, Senin (25/7/2022).

”Saya tahu ini bukan proses yang mudah atau langsung dan ada perbedaan pandangan di antara para anggota komite,” sambungnya.

Keadaan darurat global adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO, tetapi penunjukan tersebut tidak berarti suatu penyakit sangat menular atau mematikan.

Baca: Cacar Monyet Belum Teridentifikasi di Indonesia, Menkes Minta Perketat Pintu Masuk Kedatangan Luar Negeri

Kepala Kedaruratan WHO, Dr Michael Ryan, mengatakan Direktur Jenderal WHO membuat keputusan memasukkan cacar monyet ke dalam kategori darurat kesehatan global agar komunitas gobal menganggap serius wabah saat ini.

Meskipun cacar monyet telah ditemukan di beberapa bagian Afrika tengah dan barat selama beberapa dekade, penyakit ini tidak pernah memicu wabah besar di luar benua tersebut atau menyebar luas di antara orang-orang hingga Mei kemarin.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...