Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Debarkasi Solo Catat Sudah 14 Jemaah Haji Jateng-DIY Meninggal di Tanah Suci

Jenazah jemaah haji asal Magelang diturunkan dari pesawat setelah tiba di Bandara Adi Soemarmo Solo. (Istimewa)

MURIANEWS, Boyolali – Debarkasi Solo mencatat hingga hari ini, Senin (25/7/2022) ada 14 jemaah haji asal Jateng-DIY yang meninggal di Tanah Suci. Ke-14 jemaah tersebut juga sudah dimakamkan di Arab Saudi.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin menyebutkan, selain 14 jemaah haji yang meninggal, saat ini juga masih ada empat orang yang dirawat di rumah sakit di Arab Saudi.

”Jadi yang meninggal selama ibadah haji per hari ini (25/7/2022) mencapai 14 orang, yang dirawat empat orang, dan meninggal dalam perjalanan pulang satu orang,” katanya seperti dikutip Antara.

Baca: Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Asal Magelang Meninggal di Pesawat

Selain itu, hingga pemulangan jamaah haji kloter 14 asal Jateng-DIY juga ada tiga orang yang dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes PCR. Tiga jemaah haji tersebut di antaranya dari Jepara yang tergabung kloter 3 dan dua jemaah dari Kabupaten Magelang yang tergabung di kloter 11 dan kloter 12.

”Haji yang dinyatakan positif akan ditangani petugas kesehatan khusus dan langsung dipulangkan ke daerah dengan mobil ambulans untuk isolasi mandiri dengan pemantauan tim daerah. Yang pasti mereka yang positif semua tanpa gejala,” terangnya.

Sementara itu, PPIH Debarkasi Solo telah menerima kedatangan haji kloter 14 asal Kabupaten Klaten dan Sragen sebanyak 360 orang. Seperti biasa, haji setibanya di asrama langsung diterima di gedung Jedah untuk dilakukan tes antigen.

Baca: Jemaah Haji Magelang yang Meninggal di Pesawat Sempat Dirawat

Setelah itu, jamaah haji kloter 14 langsung diarahkan ke Gedung Muzdalifah untuk diserahkan ke petugas daerah untuk dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Jumlah haji yang sudah dipulangkan ke daerah masing-masing hingga kloter 14 sebanyak 5.032 orang, sedangkan haji yang masih di Arab Saudi, 10.400 orang dari total 15.447 orang yang diberangkatkan.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara

Comments
Loading...