Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Enam Desa Wisata di Kudus Bakal Dikucuri Bantuan Rp 100 Juta

Ilustrasi: Sejumlah wisatawan berfoto di Pijar Park. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak enam desa wisata di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendapat bantuan keuangan (bankeu) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Masing-masing desa wisata akan mendapat bantuan sebesar Rp 100 juta.

Desa-desa tersebut yakni Desa Wisata Gribig, Desa Wisata Kedungdowo, Desa Wisata Karangampel, Desa Wisata Kajar, dan Desa Wisata Ngemplak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Mutrikah mengatakan, bantuan keuangan tersebut bisa digunakan untuk beberapa keperluan.

Mulai dari pengembangan sarana prasarana desa wisata hingga pembinaan para pelaku usaha wisata yang ada di dalamnya.

”Dana bisa digunakan untuk pembinaan atau penambahan sarpras seperti pembangunan gapura atau sarana penunjang lainnya,” katanya, Senin (25/7/2022).

Baca: Bupati Kudus Ancam Beri SP dan Cabut Status Desa Wisata Tak Aktif

Pemerintah Kabupaten Kudus sebenarnya mengusulkan 14 desa wisata yang diharapkan bisa mendapat bantuan tersebut. Namun setelah dilakukan verifikasi Pemprov, hanya enam desa wisata yang memenuhi kriteria.

”Nanti coba kami usulkan kembali di tahun 2023 mendatang,” tandasnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2021 kemarin, ada 12 desa wisata di Kabupaten Kudus yang mendapatkan bankeu dari Pemprov Jateng. Nominalnya pun sama, yakni sebesar Rp 100 juta per desa.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...