Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Memilih Baju Renang yang Nyaman buat Wanita Berjilbab

Ini Tips Memilih Baju Renang yang Nyaman buat Wanita Berjilbab
Foto: Ilustrasi baju renang muslimah (ceklist.id)

MURIANEWS, Kudus – Renang adalah salah satu jenis olahraga yang digemari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, baik laki-laki maupun perempuan.

Bagi seorang wanita berhijab atau berjilbab, terkadang ada kendala ketika ingin olahraga renang. Salah satunya, terkait dengan baju yang harus dikenakan ketika renang.

Pada baju renang kebanyakan, biasanya modelnya ketat sehingga lekuk tubuh terlihat. Bagi wanita berjilbab tentu saja tidak mau mengenakan model pakaian renang seperti ini.

Baca juga: Majukan Tren Fashion Busana Muslim, Kudus Gelar Pelatihan Konveksi

Lalu bagaimana solusinya? Melansir dari laman Hello Sehat, Minggu (24/7/2022), berikut ini tips memilih baju renang muslimah yang bisa Anda ikuti.

Pilih baju berwarna gelap

Tips memilih baju renang muslimah ini mungkin terdengar sepele. Hanya saja, warna membantu menyamarkan lekuk tubuh sehingga Anda tidak menonjolkan aurat.

Jika Anda memilih warna putih, serat kain akan tampak transparan saat terkena air sehingga lekuk tubuh terpapar dengan jelas. Selain itu, baju renang wanita muslimah putih akan meneruskan cahaya matahari ke kulit.

Hal ini membuat sinar ultraviolet bisa mencapai kulit sehingga kulit Anda rentan terbakar matahari. Penjelasan tersebut terdapat dalam penelitian yang diterbitkan pada jurnal PLoS One (2015).

Untuk itu, pilihlah baju renang berwarna gelap, seperti biru tua atau hitam. Warna gelap mampu menyerap sinar matahari sehingga kulit pun terlindungi. Semakin gelap dan pekat warna pakaian, semakin besar perlindungannya terhadap paparan sinar UV.

Kenakan baju renang model tunik

Pakaian renang sebenarnya harus ketat dan langsung menempel pada kulit. Hal ini berguna agar tubuh leluasa bergerak. Jadi, Anda bisa mengontrol gerakan dengan mudah dan mengurangi risiko cedera olahraga di dalam air. Meski demikian, pakaian ketat ini menonjolkan bentuk tubuh.

Untuk mengakalinya, Anda bisa memilih pakaian renang yang berbentuk seperti tunik. Model baju ini menyerupai gaun tipis, tetapi hanya sampai menutupi bokong. Tips memilih baju renang muslimah ini membantu menyamarkan lekuk tubuh bagian bawah.

Pilih bahan yang ringan dan anti-air

Bahan baju renang yang tepat bisa membantu meningkatkan kecepatan gerakan saat berada di dalam air. Bahan yang ringan juga mengurangi tekanan yang memperlambat gerakan di dalam air.

Untuk itu, sebaiknya pilih bahan poliester dan elastane. Bahan elastane ini bisa Anda temukan dengan nama Spandex atau Lycra. Pakaian renang pada umumnya terbuat dari bahan kombinasi keduanya. Bahan elastane inilah yang membuat baju renang elastis dan bisa menyesuaikan postur tubuh.

Selain itu, poliester merupakan bahan baju renang muslimah yang cukup kuat sehingga tahan lama. Baik elastane maupun poliester cukup tahan air.

Menurut studi yang dipaparkan dalam jurnal Micromachines (2019), baju renang yang tahan air membantu meningkatkan kecepatan perenang.

Pilih baju yang sepaket dengan jilbab khusus

Tips memilih baju ini tak kalah penting. Jika Anda menggunakan jilbab terpisah, bahan jilbab pun tentu akan berbeda. Selain itu, desainnya pun tidak disesuaikan dengan kebutuhan saat renang. Jilbab yang biasa dikenakan sehari-hari umumnya berbahan katun. Sayangnya, bahan ini tidak cocok digunakan saat berenang.

Karena bisa menyerap air dengan baik, katun akan terasa berat sehingga mengurangi kecepatan gerak saat di dalam air. Terlebih, sifat bahan yang satu ini membuat air rentan masuk ke lubang telinga sehingga membuat Anda tak nyaman, bahkan berisiko mengalami infeksi (otitis externa).

Jika memilih baju renang yang sudah menyediakan kerudung, Anda tak perlu khawatir mengalami beberapa keluhan tersebut. Jilbab yang sudah satu set dengan pakaian renang muslimah juga memiliki warna yang serasi sehingga outfit Anda tetap modis.

Tips memilih baju renang muslimah berguna untuk menjaga kenyamanan Anda saat berada di dalam air. Meski tampaknya sepele, pemilihan pakaian yang tepat bisa membuat performa olahraga Anda maksimal, bahkan terhindar dari berbagai risiko yang membahayakan kesehatan.

Anda pun tak perlu khawatir akan memperlihatkan aurat saat berenang. Jadi, tak ada alasan lagi untuk menunda memulai olahraga.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Comments
Loading...