Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

1 Jemaah Haji Klaten Terkonfirmasi Covid-19

Foto: Ilustrasi suasana Masjidil Haram (Pixabay)

 

MURIANEWS, Klaten – Salah satu jemaah haji Embarkasi Solo asal Kabupaten Klaten terkonfirmasi Covid-19. Jemaah yang tergabung dalam Kloter 13 itu terkonfirmasi setelah diperiksa petugas usai mendarat di Tanah Air.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Klaten, dr Cahyono Widodo membenarkan adanya informasi tersebut. Saat ini pihaknya melalui puskesmas terkait sudah melakukan pendampingan.

”Yang positif Covid hanya satu orang. Jemaah ini dari kloter 13,”kata dr Cahyono Widodo seperti dikutip detikJateng, Minggu (24/7/2022).

Jemaah haji tersebut, jelas Cahyono, sudah pulang ke Klaten bersama kloternya hari ini. Dia mengatakan kondisi kesehatan jemaah haji tersebut secara umum baik dan dirawat di rumah.

”Hanya dirawat di rumah tidak diisolasi tempat khusus,” kata Cahyono.

Baca: Jemaah Haji Magelang yang Meninggal di Pesawat Sempat Dirawat

Cahyono menyebutkan, pihaknya akan segera melakukan tes PCR untuk memastikan lebih jauh kondisi jemaah haji tersebut. Apalagi tes awal yang dilakukan baru swab antigen.

Sementara itu Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (PPPH) Klaten, Bambang Yunaidi, menyatakan kloter 13 terdiri dari 360 jamaah haji yang sudah pulang. Dari kloter 13 tersebut memang ada beberapa orang yang terindikasi positif yang terlacak dari suhunya.

”Awal tadi di-thermo gun lebih dari 37 derajat (suhunya), disuruh istirahat sebentar, dicek lagi ternyata masih 37 dan diswab. Ternyata ada yang hasilnya positif tiga,” papar Bambang kepada wartawan saat penyambutan jemaah haji di GOR Gelarsena.

Mereka yang positif, ucap Bambang, langsung diantar dengan ambulans ke rumah dengan pendampingan Puskesmas dan karantina selama 7 hari.

”Kloter 13 utuh tidak ada yang meninggal dunia, yang sudah pulang kemarin 11, hari ini 360 dan nanti malam 127 orang,” pungkas Bambang.

Baca: Pulang dari Tanah Suci, 1 Jemaah Haji Jepara Positif Covid-19

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: DetikJateng

Comments
Loading...