Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jemaah Haji Magelang yang Meninggal di Pesawat Sempat Dirawat

Foto: Petugas kesehatan melakukan persiapan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah (kemenag.go.id)

MURIANEWS, Boyolali – Jemaah haji asal Kabupaten Magelang bernama Heru Purwanti Alwi (63) yang meninggal di pesawat saat perjalanan pulang ke Tanah Air ternyata sempat dirawat.

Almarhum dirawat di Pusat Kesehatan Bandara di Arab Saudi sebelum akhirnya dinyatakan layak terbang.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin.

”Sempat dirawat di Pusat Kesehatan Bandara di Arab Saudi. Kemudian saat hendak diberangkatkan yang bersangkutan sudah dinyatakan layak terbang,” katanya seperti dikutip DetikJateng, Minggu (24/7/2022).

Baca: Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Asal Magelang Meninggal di Pesawat

Namun, lanjutnya, dalam perjalanan mendekati bandara Kuala Namu Medan tepatnya dua jam sebelum landing (transit) almarhum mengeluh sakit. Di sana, almarhum dinyatakan mengalami kegawat daruratan jantung.

“Informasi dari tim kesehatan terjadi kegawat daruratan jantung karena penyakit yang telah diderita yang bersangkutan,” ungkapnya.

Ia pun menyebutkan, almarhun diketahui memiliki penyakit kencing manis, darah tinggi, arteroklerosis atau penimbunan plak pada dinding pembuluh darah, dan pembengkakan jantung.

”Tadi juga dilakukan pemeriksaan di bandara Kuala Namu dan sudah dinyatakan meninggal disana. Dan dinyatakan meninggal pukul 12.05 WIB,” imbuh dia.

Baca: 1 lagi Jemaah Haji Embarkasi Solo Positif Covid, Kali ini dari Magelang

Sarip menambahkan, Kloter 12 membawa 359 jemaah haji asal Kabupaten Magelang dan sebagian Kabupaten Klaten. Kloter ini mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pukul 17.36 WIB.

Jemaah haji warga Jalan Cempaka 26 Saragan, Banyurojo, Kabupaten Magelang, itu sudah diberangkatkan ke kampung halamannya tersebut.

”Saat ini jenazah Bapak Heru Poermanto sudah diserahkan ke keluarganya, dan keluarganya hadir di Asrama Haji Donohudan. Dan tadi istri yang menyertai almarhum yang ikut ke Arab Saudi, tadi juga sudah menerima dari PPIH Embarkasi Solo. Dan saat ini (jenazah) sudah diberangkatkan ke Magelang untuk dimakamkan,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: DetikJateng

Comments
Loading...