Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tanda-Tanda Handphone Disadap atau Tidak yang Perlu Diketahui

Ini Tanda-Tanda Handphone Disadap atau Tidak yang Perlu Diketahui
Foto: Ilustrasi (kropekk_pl dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Keberadaan handphone atau HP saat ini sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Pasalnya, banyak aktivitas sehari-hari yang sangat terbantu dengan adanya handphone.

Meski demikian, ada satu hal yang hendaknya perlu diwaspadai. Yakni, kemungkinan HP kita disadap.

Jika mengalami hal ini tentu akan merepotkan. Terlebih jika di dalam HP berisi data-data penting atau yang bersifat privasi.

Baca juga: Ini Tips Mencegah Overheating Handphone yang Mudah Dilakukan

Selain itu, ketika HP disadap juga rawan disalahgunakan oleh pelakunya. Misalnya, digunakan untuk penipuan atau tindak kejahatan lainnya.

Untuk mengetahui HP disadap atau tidak ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut cara-caranya, seperti dilansir Solopos.com dari Tabloidtekno.com dan Hosteko.com.

Cara pertama, Anda bisa mengecek melaui kode rahasia. Kode rahasia bisa diakses dengan cara melakukan panggilan atau dial pada umumnya.

Buka lambang telepon pada HP, selanjutnya silahkan ketik salah satu kode dial berikut ini *#21# atau *#*#002#*#*, Lalu tekan panggil atau call.

Selanjutnya akan muncul sebuah notifikasi yang menyatakan tentang panggilan itu. Jika semua status dari menu yang tersedia adalah tidak diteruskan atau Not Forwarded maka hp anda dalam keadaan aman.

Cara mengetahui HP disadap atau tidak bisa diketahui ketika Anda sedang melakukan panggilan. Maka akan terdengar suara-suara aneh atau bising bukan dari sekitar Anda atau yang ditelpon.

Saat HP Anda disadap, ketika melakukan panggilan kendati nomor atau kontak yang dituju sudah benar namun salah sambung. Hal ini bisa jadi penyadap mengalihkan nomor panggilan.

Pesan yang masuk sering kali sudah terbaca, padahal Anda sama sekali belum membuka pesan tersebut baik SMS maupun WhatsApp. Jika itu terjadi, berarti HP Anda disadap.

Tiba-tiba muncul aplikasi yang belum pernah Anda unduh, coba cek ada tidak aplikasi baru yang tiba-tiba muncul di HP Anda. Itu cara mengetahui HP disadap atau tidak. Silahkan dicek.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...