Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips saat Berhenti di Lampu Merah yang Berada pada Jalan Turunan

Ini Tips saat Berhenti di Lampu Merah yang Berada pada Jalan Turunan
Foto: Ilustrasi lampu merah (Siobhan Dolezal dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Kasus kecelakaan yang terjadi di kawasan lampu merah sudah sering terjadi. Selain korban luka, dalam peristiwa ini, juga ada korban jiwa.

Nah, saat berhenti pada lampu merah maka kewaspadaan tetap harus dilakukan. Terutama, pada lampu merah atau traffic light yang berada pada jalan turunan.

Perlu diketahui, letak pemasangan lampu merah selama ini berada pada beberapa kondisi jalan. Ada yang ditempatkan pada jalan tanjakan, rata dan menurun atau turunan.

Baca juga: Ini Cara Menghilangkan Bau AC Mobil dengan Mudah yang Perlu Diketahui

Melansir dari Auto2000, pada dasarnya pengemudi harus paham dan mengetahui akan adanya lampu merah dari sedini mungkin. Caranya dengan terus berkonsentrasi pada jalan, rambu dan kondisi lalu lintas di depan.

Jika dalam perjalanan mulai terlihat adanya rambu yang menunjukkan adanya persimpangan, tandanya harus bersiap dan antisipasi.

Karena berada di jalan umum yang identik akan persimpangan, maka memang harus sudah siap untuk mendapati lampu merah.

Untuk itu jaga kecepatan mobil Anda dan berikan jarak aman dengan kendaraan di depan. Hal ini penting, untuk mengantisipasi adanya lampu merah di hadapan Anda. Langkah ini harus semakin ditekankan jika mengemudi di daerah yang tidak familiar.

Persiapan atau antisipasi dalam hal ini adalah dengan melepas gas secara perlahan untuk mengurangi putaran mesin, terutama ketika persimpangan dengan lampu merah di jalan menurun mulai terlihat.

Untuk menyesuaikan kondisi, Anda juga bisa pindahkan kaki kanan ke pedal rem. Ingat, jangan rem mendadak jika tidak diperlukan.

Jika lampu merah atau persimpangan sudah semakin dekat, maka Anda sudah mulai menginjak pedal rem perlahan. Nantinya sesuaikan juga tekanan pedal kopling untuk mengimbangi putaran mesin.

Untuk menyesuaikan putaran mesin agar tidak mati atau melonjak, injak pedal rem secara perlahan. Jika masih ada momen deselerasi maka Anda belum perlu menurunkan gigi.

Ketika memasuki lampu merah, perhatikan dengan seksama warna lampunya. Jika hijau maka jaga kecepatan mobil untuk bersiap melintasi persimpangan. Namun jika kuning atau merah maka perlahan kurangi kecepatan.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah memantau selalu kaca spion, baik spion kiri, kanan maupun tengah. Ketika sudah berhenti di lampu merah maka pastikan injak rem dan aktifkan rem tangan jika diperlukan atau lampu merah masih tergolong lama.

Pengereman sangat penting dalam kondisi tersebut, sebab kondisi jalan menurun. Selama berhenti di lampu merah, bukan berarti boleh lengah. Tetap waspada dan pantau terus sekitar mobil Anda, jangan abai untuk kerap memantau seluruh kaca spion.

Saat lampu sudah berubah hijau, lepas pedal kopling secara perlahan pada mobil bertransmisi manual dan injak gas perlahan. Pada mobil matik, perlahan lepas pedal rem dan injak gas dengan hati-hati. Jangan tergesa-gesa maju ke depan apalagi mendahuli kendaraan. Hindari juga menekan tombol klakson jika tidak diperlukan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...