Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Beli BBM Bersubsidi Tidak Wajib Pakai MyPertamina, Cukup QR Code

Beli BBM Bersubsidi Tidak Wajib Pakai MyPertamina, Cukup QR Code
aplikasi myPertamina (tangkapan Layar)

MURIANEWS, Jakarta – PT Pertamina (Persero) memberikan memberikan penjelasan bahwa bagi masyarakat yang hendak membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis pertalite dan solar, rupanya tidak wajib menggunakan aplikasi MyPertamina.

Pembeli hanya diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi MyPertamina yang kemudian setelah berhasil  akan mendapatkan QR Code. Nah, dengan QR code itulah nanti yang bisa digunakan untuk membeli BBM bersubsidi.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, calon pembeli BBM subsidi hanya perlu menunjukkan QR Code yang diperoleh setelah pemilik kendaraan mendaftarkan kendaraannya melalui aplikasi MyPertamina.

Baca: Benarkah Beli BBM Pakai MyPertamina Mulai 1 Agustus, Ini Kata Pertamina

”Untuk pembelian (BBM subsidi) juga tidak wajib menggunakan aplikasi MyPertamina, cukup menunjukkan QR Code yang sudah dicetak atau yang disimpan di handphone,” kata Irto, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (23/7/2022).

Saat ini, Pertamina sedang melakukan perluasan uji coba MyPertamina di 50 kota atau kabupaten di 27 provinsi. Masyarakat di wilayah uji coba tersebut bisa mendaftarkan identitas dan kendaraan di aplikasi MyPertamina, website MyPertamina, atau mendaftar langsung di SPBU. Namun uji coba ini baru berlaku untuk kendaraan roda 4 atau mobil.

Baca: Elpiji Nonsubsidi Naik, Beli Gas Melon Diwacanakan Pakai MyPertamina

Nantinya masyarakat yang sudah mendaftar dan dinilai berhak membeli BBM subsidi akan mendapatkan kode QR. Kode inilah yang harus ditunjukkan calon konsumen saat membeli BBM subsidi.

Pertamina juga membolehkan kode QR tersebut dicetak sehingga masyarakat yang tidak membawa telepon genggam tetap bisa membeli BBM subsidi di SPBU dengan cara menunjukkan kode QR tersebut ke petugas.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...