Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Sejarah Hari Anak Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 23 Juli

Ini Sejarah Hari Anak Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 23 Juli
Foto: Logo Hari Anak Nasional (kemenpppa.go.id)

MURIANEWS, Kudus – Ada banyak hari bersejarah yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Lantas seperti apa sejarah Hari Anak Nasional ini? Melansir Detik.com dari berbagai sumber, adalah presiden RI ke-2, Soeharto yang mencetuskan Hari Anak Nasional ini. Ia memiliki sebuah gagasan yang berkeinginan melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa.

Hingga diterbitkannya Keputusan Presiden RI No. 44 tahun 1984 yang menetapkan 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional. Sejak tahun 1986, peringatan Hari Anak Nasional pun dilaksanakan setiap tahun hingga saat ini.

Baca juga: Hari Anak Nasional, Ma`ruf Amin: Semoga Jadi Manusia Toleran

Dikutip dari laman kemenpppa.go.id, melalui peringatan Hari Anak Nasional, setiap anak Indonesia diharapkan dapat merasakan makna Hari Anak Nasional dan seluruh lapisan masyarakat lebih peduli pada hak-hak pendidikan. Bersatu Mewujudkan Indonesia Ramah Anak anak dengan kasih sayang dan keteladanan.

Orang bijak berkata, bila anak dibesarkan dengan emosi, maka dia belajar berkelahi; bila anak dibesarkan dengan caci maki, maka dia belajar rendah diri; bila anak dibesarkan dengan motivasi, maka dia belajar percaya diri; dan bila anak dibesarkan dengan kasih sayang, maka dia belajar menemukan cinta sejati.

Pada peringatan Hari Anak Nasional 2022 ini, Kemenpppa RI, mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Adapun tagline yang digaungkan adalah #PeduliPascaPandemiCovid19 #AnakTangguhPascaPandemiCovid19 #AnakTangguhIndonesia Lestari.

Filosofi Logo Hari Anak Nasional 2022

Hari Anak Nasional 2022 memiliki logo serta slogan yang menjadi tema pelaksanaan HAN 2022. Arti dari logo Hari Anak Nasional 2022 adalah:

1.     Tiga Anak yang Memegang Bendera Merah Putih

Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa, semangat, dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sang saka merah putih.

2.     Warna Merah dan Putih

Melambangkan kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan semangat serta saling mendukung dalam melewati masa sulit.

3.     Garis Berwarna Abu

Situasi pasca pandemi COVID-19 berdampak pada dunia anak dengan perubahan pola hidup. Meskipun demikian, tetap harus diupayakan pemenuhan haknya, bergembira dan penuh kreativitas, dalam perlindungan keluarga.

Kegiatan Hari Anak Nasional 2022

Walaupun masih dalam kondisi pandemi, tetap ada kegiatan seru dan menarik di Hari Anak Nasional 2022. Berikut ini rangkaian agenda dalam pelaksanaan Hari Anak Nasional 2022.

1. Webinar tentang ‘Pemenuhan Hak Anak’

2. Challenge Video Pendek Hari Anak Nasional Tahun 2022: “Suarakan HakMU Stop Perkawinan Anak”

3. Lomba Penulisan Artikel dengan tema “Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak 0-3 Tahun”

4. Bakti Sosial: Pelaksanaan pemeriksaan skrining mata anak SD di seluruh provinsi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Acara puncak HAN 2022 secara hybrid dilakukan di ruang terbuka (outdoor) dengan jumlah peserta terbatas di Taman Teijsmann Kebun Raya Bogor, Sabtu 23 Juli 2022 pada pukul 09.00 – 10.30 WIB.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

 

Comments
Loading...