Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ratusan Perangkat Desa di Klaten Kosong, Ini Jadwal dan Tahapan Pengisiannya

Ilustrasi

MURIANEWS, Klaten – Ratusan perangkat desa di Kabupaten Klaten saat ini tengah kosong. Kekosongan tersebut terdiri dari berbagai tempat, mulai dari sekretaris desa hingga kepala sesi.

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Pemkab Klaten Joko Purwanto mengatakan, total kursi perangkat desa yang kosong mencapai 440 kursi. Jumlah tersebut berasal dari berbagai desa yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Klaten.

”Kekosongan itu mulai dari sekretaris desa, kepala urusan (kaur), kepala seksi (kasi) dan lainnya. Tahapan awal sudah kita mulai dengan sosialisasi di semua wilayah,” katanya seperti dikutip detikJateng, Sabtu (23/7/2022).

Ia menyebutkan, berdasarkan data yang ada 440 kursi perangkat desa tersebut tersebar di 270 desa dan merata dari 26 kecamatan.

Pemkab, terang Joko, sudah melakukan sosialisasi dasar hukum pengisian perdes berupa Perbup 30 tahun 2022. Setelah sosialisasi pemerintah desa diminta segera membentuk panitia.

”Kemarin kita sudah sosialisasi di semua kecamatan, Pemerintah Desa diharapkan segera membentuk tim panitia pengisian perangkat desa (TP3D). Setelah itu semua dijalankan sesuai tahapan yang sudah ada,” papar Joko.

Masyarakat, imbuh Joko, bisa mendaftar untuk ikut berpartisipasi. Syarat umum adalah warga negara Indonesia (WNI).

”Syarat umum adalah WNI dengan usia minimal 20 tahun saat pendaftaran dan maksimal berusia 42 tahun. Kecamatan dan Desa diminta segera melaksanakan sesuai tahapan,” sambung Joko.

Terpisah, Kades Demak Ijo, Kecamatan Karangnongko, Ery Karyanto, menjelaskan sosialisasi sudah dilakukan. Pemerintah Desa segera membentuk Tim Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (TP3D).

”Kemarin sudah sosialisasi, secepatnya kita kumpulkan BPD untuk membentuk TP3D,” ujarnya.

Berikut jadwal tahapan:
25 Juli 2022: Persiapan
27-28 Juli 2022: Kades rapat dengan TP3D
29 Juli-1 Agustus 2022: Pengumuman kekosongan
2-3 Agustus 2022: Pengumuman pendaftaran
4-5 Agustus 2022: Pendaftaran calon perangkat desa
6-8 Agustus 2022: Penelitian berkas administrasi
9 Agustus 2022: Pemberitahuan kekurangan berkas
10-11 Agustus 2022: Melengkapi berkas
12 Agustus 2022: Pengumuman hasil seleksi administrasi
13 Agustus 2022: Pengumuman bakal calon.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: DetikJateng

Comments
Loading...