Kamis, 28 Maret 2024

Ini Tips Mengobati Batuk Kering dari Bahan Alami hingga Obat Medis 

Murianews
Sabtu, 23 Juli 2022 18:37:55
Foto: Ilustrasi orang sakit batuk (freepik.com)
[caption id="attachment_304069" align="alignleft" width="1890"]Ini Tips Mengobati Batuk Kering dari Bahan Alami hingga Obat Medis  Foto: Ilustrasi orang sakit batuk (freepik.com)[/caption]

MURIANEWS, KudusSakit batuk hampir pernah dialami semua orang. Saat terkena batuk bisa menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu.

Saat batuk, terutama batuk kering tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman. Kondisi ini terkadang membuat sulit menelan makanan jika dibiarkan tanpa pengobatan.

Untuk mengobati batuk kering, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Bisa menggunakan obat alami hingga obat medis.

Baca juga: Menghilangkan Bekas Luka Bakar yang Tepat, Ini Cara yang Bisa Dipilih

Berikut cara mengobati batuk kering, seperti dikutip dari Hello Sehat, Sabtu (23/7/2022).

1. Minum banyak air

Minum banyak air putih dapat membantu mencegah dehidrasi dan melembapkan tenggorokan Anda. Mayo Clinic menyebutkan bahwa delapan gelas per hari dapat menjadi porsi minum Anda dalam satu hari. Namun, ini bukan satu-satunya pilihan.

Ada orang yang mungkin merasa cukup minum kurang dari delapan gelas sehari, ada pula yang merasa kurang. Dalam kondisi batuk kering, Anda mungkin membutuhkan lebih dari itu. Jadi, sebaiknya tetap sesuaikan asupan air minum dengan kebutuhan cairan Anda dalam sehari.

2. Madu

Madu sudah terkenal khasiatnya sebagai pelega tenggorokan dan cara alami mengobati berbagai jenis batuk. Nah, batuk kering juga bisa diatasi dengan madu. Anda dapat mencampur madu ke dalam air hangat, teh, atau air lemon sebagai cara mengobati batuk kering.

Penelitian yang disebutkan oleh Mayo Clinic bahkan menemukan bahwa madu tampak sama efektifnya dengan obat penekan batuk kering, yakni dextromethorphan.

3. Berkumur air garam

Cara mengobati batuk kering lainnya adalah berkumur dengan air garam. Cara ini juga dikenal ampuh untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan, termasuk akibat batuk kering.

Anda dapat membuat air garam sendiri di rumah dengan mencampurkan satu sendok sendok teh garam ke segelas air, kemudian aduk hingga tercampur.

Kumur dengan air tersebut setiap Anda merasa batuk kering begitu tidak nyaman. Jangan sampai menelan larutan ini dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

4. Kunyit

Ramuan kunyit memiliki efek teurapik pada batuk, terutama batuk kering. Anda dapat mengonsumsi kunyit dalam berbagai bentuk olahan.

Salah satu cara mengolah kunyit yakni mencampur bubuk kunyit dengan lada hitam (masing-masing satu sendok makan), kemudian direbus dalam setengah cangkir air. Selanjutnya, tambahkan satu sendok makan campuran madu dan kayu manis.

Tak hanya itu, ada pula cara lain menyembuhkan batuk kering dengan kunyit. Anda bisa minum campuran bubuk kunyit dengan satu sendok teh madu sebanyak 3-4 kali sehari.

5. Jahe

Jahe sudah lama dipercaya dapat menjadi cara alami mengobati batuk, termasuk batuk kering. Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya dalam berbagai olahan.

Sebagai cara mudah mengobati batuk kering, coba potong jahe segar, taburkan garam, kemudian kunyah potongan tersebut selama beberapa menit.

Jika Anda tak tahan dengan aroma tajam jahe segar, Anda bisa membuat teh jahe hangat maupun air jahe untuk mengambil manfaatnya.

6. Bawang putih

Selain kunyit dan jahe, bawang putih juga bisa menjadi salah satu cara alami mengobati batuk kering yang mengganggu aktivitas Anda. Bawang putih mudah ditemukan di pasar, bahkan Anda mungkin sudah memiliki banyak persediaan di rumah untuk memasak.

Untuk membantu menghilangkan batuk kering, Anda bisa membuat sirup obat dengan jus bawang panggang, teh, dan madu. Minumlah ramuan ini setiap hari sampai gejala batuk kering hilang.

7. Permen pelega tenggorokan

Cara lain yang dapat Anda coba untuk mengatasi batuk kering adalah dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Situs Healthdirect Australia menyebutkan bahwa permen ini berguna untuk mengatasi gangguan mulut, dan tenggorokan, serta mengatasi batuk kering.

Namun, jangan berikan permen ini pada anak-anak di bawah 6 tahun. Pasalnya, mereka mungkin akan tersedak karena tak mengetahui bagaimana cara mengonsumsi permen tersebut.

8. Antitusif

Obat antitusif efektif untuk mengatasi batuk kering atau disebut juga batuk non-produktif. Antitusif bekerja dengan cara menekan refleks batuk pada otak sehingga mengurangi gejalanya.

Obat antitusif dapat menimbulkan efek samping berupa kantuk dan ketergantungan. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

9. Antihistamin

Obat antihistamin umumnya berguna untuk mengatasi dan mencegah gejala demam dan jenis alergi lainnya. Antihistamin bekerja dengan mencegah efek histamin yang dihasilkan oleh tubuh.

Histamin dapat menyebabkan gatal, bersin, pilek, dan mata berair. Selain itu, histamin dapat menutup saluran bronkial dan membuat Anda sulit bernapas.

Melihat fungsi tersebut, antihistamin juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan batuk kering. Salah satu jenis yang paling sering digunakan adalah chlorpheniramine maleate.

10. Gunakan humidifier

Selain berbagai obat medis dan alami yang telah disebutkan di atas, ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengobati batuk kering, yaitu menggunakan humidifier. Ya, salah satu kunci kesehatan pernapasan adalah udara yang bersih dan sehat.

Humidifier bermanfaat untuk menjaga kesehatan pernapasan dengan menambah kelembapan udara. Ini mampu membantu pemulihan kondisi Anda yang mengeluhkan batuk kering.

Jika Anda menggunakan humidifier, pastikan untuk menjaganya tetap bersih demi mencegah penumpukan mineral serta pertumbuhan bakteri dan jamur.

11. Jangan dekati rokok

Salah satu hal yang menyebabkan batuk kering adalah paparan asap rokok. Oleh karena itu, menjauhkan rokok dan asapnya adalah cara ampuh untuk mengobati batuk kering.

Segera hentikan kebiasaan merokok Anda demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Jika Anda tidak merokok, jauhkan diri Anda dari rokok ataupun asapnya.

Bahaya rokok memang begitu banyak dan besar. Tidak hanya mampu membuat Anda batuk kering, kebiasaan merokok juga bisa menimbulkan kerusakan permanen pada sistem pernapasan.

Berbagai cara mengobati batuk kering di atas tentu bukan satu-satunya jalan untuk mengatasi kondisi Anda. Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan saran terbaik bila cara mengatasi batuk kering di atas tidak berhasil.

 

Penulis: Dani Agus Editor: Dani Agus Sumber: hellosehat.com

Baca Juga

Komentar