Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

ASEAN Para Games 2022

Peraih Emas Peparprov 2018 Bawa Obor Pembukaan ASEAN Para Games dari Api Mrapen Grobogan

Peraih Emas Peparprov 2018 Bawa Obor Pembukaan ASEAN Para Games dari Api Mrapen Grobogan | MURIANEWS
Solikhan, atlet disabilitas Jateng menjadi pembawa obor dalam arak-arakan obor Asean Paragames yang diambil dari Api Abadi Mrapen, Sabtu (23/7/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Solikhan, atlet renang Grobogan peraih emas Pekan Paralimpic Provinsi (Peparprov) Jawa Tengah 2018 mendapatkan kesempatan membawa obor ASEAN Para Games Solo 2022, Sabtu (23/7/2022)

Api obor diambil Direktur III Bidang Pendukung Pertandingan Indonesia National Paralympic Organization Comitte (INASPOC), Hendri Oka dari Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan.

Obor kemudian diserahkan Sekda Jateng Sumarno. Sebelum diserahkan pada Solikhan, Sumarno lebih dulu menyerahkan pada Bupati Grobogan Sri Sumarni untuk diteruskan pada sang atlet.

Baca: Dua Atlet NPC Jepara Ditarget Dua Medali di ASEAN Para Games 2020

Di tangan Sholkhan, obor kemudian diarak secara berturut-turut. Mulai ke Kota Semarang, Sukoharjo, Karanganyar dan terakhir di Solo. Obor diarak hingga Minggu (24/7/2022).

Dalam sambutannya, Hendri Oka mengatakan, api obor yang diarak merupakan symbol semangat yang terus menyala. Lebih lagi, api tersebut diambilkan dari Api Abadi Mrapen Grobogan.

”Api itu menjadi simbol semangat para atlet yang akan terus menyala hingga mencapai prestasi tertinggi,” ungkapnya.

Sekda Jateng Sumarno mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasihnya atas terselenggaranya ASEAN Para Games di Jateng. Selain itu, juga kepada masyarakat Jateng yang menjadi bagian dari  Pesta Olahraga Difabel se-Asia Tengara ini.

Pemprov Jateng, kata Sekda, terus berusaha memberikan hak-hak yang seharusnya kepada kaum disabilitas.

”Teman-teman disabilitas tidak ingin dikasihani, tetapi kita lah yang wajib memberikan hak-hak dan fasilitas sarana prasarana kepada mereka. Kami terus berkomunikasi kepada teman-teman disabilitas apa saja hak mereka yang belum terpenuhi,” kata Sekda.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni menyatakan, kebanggaannya karena Api Abadi Mrapen sering kali menjadi bagian dari rangkaian hajatan besar olahraga, baik nasional maupun internasional.

”Saya bangga, Grobogan, khususnya Api Abadi Mrapen menjadi bagian dari ajang internasional. Kami harapkan bisa meningkatkan kunjungan pariwisata,” ungkapnya.

Untuk diketahui, ASEAN Para Games 2022 diikuti 11 negara anggota Asean, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, Myanmar, Laos, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste. Event tersebut mempertandingkan 44 cabang olahraga.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...