Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jalan Ronggo Kusumo Pati Diperbaiki, Begini Komentar Warga

Jalan Ronggo Kusumo Pati Diperbaiki, Begini Komentar Warga | MURIANEWS
Pengendara melintas Jalan Ronggo Kusumo. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Jalan Ronggo Kusumo Pati diperbaiki. Proses perbaikan jalan menuju Makam Mbah Ronggo Kusumo dan Mbah Ahmad Mutamakkin Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso itu dimulai sejak awal Juli.

Perbaikan jalan itu disambut gembiera warga setempat. Sebab, sebelumnya jalan tersebut kondisinya rusak dan membahayakan pengendara yang melintas di sana.

Menurut Zumaroh, warga setempat sebelumnya sering terjadi kecelakaan tunggal, seperti seorang pengendara motor jatuh karena jalan rusak.

”Orang tua banyak yang jatuh. Karena kalau hujan jalannya tergenang dengan air. Karena di area sini dataran rendah. Alhamdulillah ini sudah dicor (dibeton),” kata Zumaroh yang mempunyai warung di timur Makam Mbah Ronggo Kusumo ini.

Baca: Jalan ke Makam Dua Tokoh Pati Ini Diperbaiki

Ia berharap, perbaikan jalan itu nanti dilengkapi dengan sistem drainase yang baik. Sebab, sebagian jalan di sana tidak ada gorong-gorong yang berfungsi sebagai drainase penampung air hujan.

Akibatnya, setiap hujan lebat, jalan di sana tergenang. Bahkan, genangan air sampai masuk ke rumah warga.

”Gorong-gorong harus diperbaiki. Kalau ndak ya (air hujan) masuk rumah. Kemarin sampai rumah. Dari selatan (jalan) air hujan ke sini (utara jalan),” ungkap Zumaroh.

Diberitakan sebelumnya, jalan sepanjang 1,3 km itu diperbaiki. Sepanjang 200 meter dilakukan betonisasi dan 1,1 km diaspal. Perbaikan jalan dianggarkan Pemkab Pati senilai Rp 1,6 miliar.

”Perbaikan (Jalan Ronggo Kusumo) belum selesai. Baru pengecoran yang sudah selesai. (Ini) tinggal pengaspalan saja dengan aspal Hotmix ACWC. Tebalnya 5 cm. Untuk anggarannya Rp 1,6 miliar,” ujar Kasi Peningkatan Jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo kepada Murianews, Sabtu (23/7/2022).

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...