Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Arti Bilangan Oktan pada Bahan Bakar Minyak, Pakai Sesuai Spesifikasi Mesin

Ini Arti Bilangan Oktan pada Bahan Bakar Minyak, Pakai Sesuai Spesifikasi Mesin
Foto: Ilustrasi (Alexey Fedenkov dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Istilah oktan barangkali sudah diketahui banyak orang. Terutama saat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU karena biasanya terdapat tulisan oktan di situ.

Lalu apa itu bilangan oktan? Bilangan oktan merupakan angka yang menunjukkan nilai suatu bahan bakar. Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib tahu mengenai anjuran bilangan oktan supaya tidak salah dalam mengisi bahan bakar.

Bilangan oktan atau yang juga disebut dengan Research Octane Number (RON) akan menunjukkan nilai kualitas dari bahan bakar. Bahan bakar yang efisien akan mengakibatkan knocking yang kecil. Proses pembakaran yang dihasilkan juga makin sempurna.

Baca juga: Ini Penyebab Air Wiper Mobil Mampet dan Cara Mengatasinya

Melansir dari laman Auto 2000, bilangan oktan memberitahukan secara sederhana tentang kualitas yang dimiliki oleh suatu bahan bakar. Sebagai contoh apabila suatu bahan bakar memiliki nilai oktan 95 maka kualitasnya dapat dikatakan tinggi.

Tetapi Anda perlu tahu bahwa penggunaan BBM dengan oktan yang tinggi tidak serta-merta memberikan dampak yang baik jika kompresi mesin yang menggunakannya tidak terlalu tinggi.

Contohnya penggunaan BBM oktan 95 untuk mobil tentu akan membuatnya menjadi efisien pada mobil yang memiliki rasio kompresi tinggi. Itu sebabnya Anda perlu mengetahui BBM dengan oktan berapa yang dianjurkan untuk mobil kesayangan.

Jenis BBM dan Nilai Bilangan Oktannya

Bahan Bakar Oktan 88

Jenis BBM satu ini cukup umum dipilih oleh masyarakat karena harganya yang sangat terjangkau dibandingkan dengan yang lain. Namun bahan bakar dengan oktan 88 ini sendiri sudah tidak lagi dijual bebas.

Nilai oktannya yang terlalu rendah sudah tidak lagi dianjurkan untuk berbagai kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat.

Bahan Bakar Oktan 90

Jenis bahan bakar satu ini memiliki kualitas standar yang dianjurkan untuk pemakaian kendaraan beroda dua atau motor. Jenis bahan bakar ini memang terbilang cukup baik untuk membuat mesin bekerja maksimal.

Bahan Bakar Oktan 92

Jenis bahan bakar oktan 92 saat ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Umumnya mobil-mobil keluaran terbaru menggunakan jenis BBM oktan 92. Jenis bahan bakar ini dikenal dengan teknologi yang dapat membersihkan bagian dalam mesin.

Jadi tidak hanya sebagai tenaga untuk membuat mesin berjalan tetapi juga sebagai pembersih yang aman bagi mesin.

Bahan Bakar Oktan 95

Bahan bakar dengan nilai oktan 95 memiliki keunggulan lain yaitu mampu mengurangi endapan residu dalam proses pembakaran. Hal ini dapat terjadi karena bahan bakar memiliki kandungan yang berkualitas dari jenis-jenis sebelumnya. Bahan bakar oktan 95 bahkan dapat membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna.

Bahan Bakar Oktan 98

Bahan bakar oktan 98 tentu akan membantu proses pembakaran menjadi lebih sempurna dari jenis-jenis BBM lain. Keunggulan dari bahan bakar ini biasanya tergantung pada perusahaan yang mengeluarkannya.

Bahan Bakar Oktan 100

Bahan bakar oktan 100 tidak dianjurkan untuk penggunaan mobil pada umumnya. Penggunaannya lebih cocok untuk mobil balap yang harus berkendara dalam kecepatan tinggi. Nilai oktannya yang tinggi akan membawa dampak positif yakni mesin menjadi lebih responsif dan stabil hanya pada mobil dengan mesin berperforma tinggi untuk keperluan kompetisi.

Efek Samping Memakai BBM dengan Bilangan Oktan yang Tidak Sesuai Standar Mobil

Apa yang terjadi saat Anda tidak menggunakan bahan bakar yang dianjurkan? Tentu dampak yang dibawanya tidak baik. Namun masih banyak persepsi dalam masyarakat yang beranggapan bahwa menggunakan oktan yang nilainya tinggi akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Persepsi ini tidak sepenuhnya salah. Tetapi perlu diketahui bahwa ada beberapa efek samping yang dibawanya. Berikut penjelasannya.

Proses Pembakaran Tidak Sempurna

Proses pembakaran dalam ruang bakar seharusnya berjalan dengan baik saat menggunakan BBM yang dianjurkan. Proses pembakaran yang sempurna membuat berbagai komponen lain dapat bekerja dalam performa yang baik.

Hal ini hanya dapat terjadi saat Anda menggunakan BBM yang tepat. Sebaliknya, penggunaan BBM dengan oktan yang tidak sesuai kompresi mesin hanya akan membuat proses pembakaran tidak sempurna.

Munculnya Kerak dalam Mesin Mobil

Proses pembakaran yang tidak sempurna selanjutnya akan mengakibatkan kerak-kerak pada area ruang bakar.

Kerak ini berasal dari sisa proses pembakaran. Jika kerak ini masuk ke bagian mesin lain atau bahkan bercampur dengan oli maka performa mesin dapat terganggu bahkan menjadi rusak.

Konsumsi BBM Menjadi Tidak Efisien

Penggunaan bahan bakar yang efisien tidak hanya melihat nilai oktan yang tinggi tetapi juga kompresi mesin mobil kesayangan Anda. Jika Anda menggunakan BBM dengan kompresi yang tidak sesuai maka konsumsi bahan bakar justru menjadi tidak efisien.

Apabila Anda berpikir bahwa pengeluaran dapat ditekan dengan penggunaan BBM oktan yang tinggi maka sebaiknya pikirkan lagi. Hal ini justru hanya akan membuat Anda mengeluarkan uang yang lebih banyak dari sebelumnya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.