Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Dapat Tambahan Vaksin PMK, Segini Jumlahnya

Pengecekan hewan ternak di Pasar Hewan Kudus beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus, Jawa Tengah kembali menerima tambahan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk penyuntikan dosis pertama. Vaksin tersebut akan disuntikkan pada ternak yang berusia muda.

Jumlah tambahan vaksin yang didapatkan Kabupaten Kudus yakni sebanyak 300 dosis.

Subkoordinator Produksi dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kudus Sidi Pramono menyampaikan, penyuntikan akan dilakukan secepat mungkin setelah dilakukan pendataan hewan ternak yang sehat dan masuk kriteria.

”Prioritasnya sama seperti kemarin, yakni sapi-sapi potong yang berusia dua pekan hingga satu tahunan dan memiliki masa pelihara hingga tujuh bulan,” katanya via sambungan telepon, Rabu (20/7/2022).

Dispertan sebelumnya juga telah menyuntikkan sebanyak 500 dosis vaksin PMK ke 500 ternak jenis sapi perah, sapi potong, dan kerbau.

”Yang kemarin sudah berjalan lancar. Walau memang ada beberapa ternak bervaksin yang kemarin ikut dijual untuk kurban, ini jadi evaluasi dalam hal memilah ternak mana yang akan divaksin nantinya,” ujarnya.

Baca: Jepara Ditetapkan Tanggap Darurat PMK

Sidi mengungkapkan, ada sejumlah kriteria ternak yang boleh mendapatkan vaksin tersebut. Satu yang paling penting adalah hewan ternak tersebut tidak sedang terinfeksi PMK saat akan divaksin.

”Begitu pula kalau sudah sembuh atau gampangnya pernah kena, ini tidak bisa divaksin,” imbuhnya.

Ternak minimal harus berusia dua pekan saat mendapat suntik vaksin. Hewan, juga tidak boleh dalam kondisi yang stres apalagi hewan ternak yang sedang bunting.

Baca: Belum Sepekan Dibuka, 1 Sapi di Pasar Hewan Sragen Terkonfirmasi PMK

Manfaat dari vaksin sendiri adalah untuk meningkatkan antibody dari para hewan ternak. Sehingga hewan tersebut tidak mudah terserang PMK.

Masing-masing sapi, rencananya akan menerima tiga kali suntikan vaksin dengan jumlah dosis per suntikannya sebanyak 2 ml.

Suntikan pertama ke kedua punya jeda empat pekan dan suntikan kedua ke suntikan ketiga punya jeda selama enam bulan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.