Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jepara Dapat Tambahan 2.000 Dosis Vaksin PMK

Jepara Dapat Tambahan 2.000 Dosis Vaksin PMK | MURIANEWS
Ternak-ternak di Jepara divaksin PMK. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kabupaten Jepara, Jawa Tengah mendapatkan tambahan 2 ribu dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK). Dengan tambahan itu, Jepara kembali menggencarkan program vaksinasi.

Saat ini, capaian vaksinasi PMK Kabupaten Jepara bertengger di posisi keenam se-Provinsi Jawa Tengah. Adapun, total capaiannya yakni 2.938 ternak yang sudah disuntik vaksin.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jepara, Mudhofir, mengatakan sepekan terakhir vaksinasi terpaksa dihentikan. Pasalnya, stok vaksin terus menipis.

Baca: Jepara Ditetapkan Tanggap Darurat PMK

”Kemarin ada tambahan. Diambil ke Semarang. Kita kebagian 2 ribu dosis vaksin PMK,” kata Mudhofir, Selasa (19/7/2022).

Sebelumnya, Kabupaten Jepara menerima tiga ribu dosis vaksin PMK untuk tahap pertama. Stok tersebut cepat habis lantaran pelaksanaan vaksinasi benar-benar digeber.

”Yang 3 ribu sudah habis. Sebanyak 17 dosis vaksin tidak bisa digunakan karena rusak,” ungkap dia.

Guna mengantisipasi keterlambatan vaksin PMK, saat ini DKPP Jepara telah mengajukan kembali pasokan vaksin kepada Pemprov Jateng sebanyak 5.000 dosis. Vaksin tersebut direncanakan digunakan pada Agustus mendatang.

”Mudah-mudahan vaksinnya ada sehingga kegiatan vaksinasi ini bisa terus berjalan,” kata Mudhofir.

Saat ini, ternak yang kena PMK di Kabupaten Jepara secara akumulasi berjumlah 1.398 ekor. Dari jumlah itu, 689 ekor masih terpapar, 21 ekor ternak mati, dan sembilan ekor dipotong paksa.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.