Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mengisi Ban Mobil dengan Nitrogen, Ini yang Penting Diketahui

Mengisi Ban Mobil dengan Nitrogen, Ini yang Penting Diketahui
Foto: Ilustrasi (Hans Braxmeier dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Mengisi ban dengan nitrogren saat ini sudah cukup familiar. Indikasinya, di tempat pengisian ban dengan nitrogen, seperti yang ada di SPBU, cukup banyak peminatnya.

Mengisi ban dengan nitrogen lebih banyak dilakukan pemilik mobil. Sebagian dari mereka ada yang beranggapan jika mengisi ban dengan nitrogen lebih baik daripada angin biasa.

Melansir dari Gridoto.com, ada beberapa hal yang harus dipahami tentang penggunaan nitrogen pada ban mobil. ”Nitrogen itu molekulnya lebih padat dari angin biasa, cenderung lebih stabil bila dibandingkan oksigen,” Johan dari Tripanca Tire Service, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Baca juga: Jangan Isi Tekanan Angin Berlebihan, Bisa Bikin Tingkat Keausan Ban Mobil Tidak Rata lho

Banyak yang salah kaprah mengenai pemakaian nitrogen dalam tingkat keempukannya. Ketika dalam kecepatan tinggi akan lebih stabil dibandingkan angin biasa karena peningkatan tekanan anginnya.

Oleh karena itu tingkat kekerasan ban relatif stabil bukan karena ban lebih dingin. Ini karena nitrogen memiliki tekanan lebih stabil saat panas.

Sementara ban yang diisi angin biasa cenderung bannya makin keras saat kecepatan tinggi karena tekanan angin meningkat.

Berdasarkan penjelasan di atas, Johan menyarankan ban serep tidak diisi nitrogen. Karena dari gas nitrogen bersifat pendingin, saat dipakai ban serep, karetnya jadi lebih cepat getas.

Ban cadangan semakin menjadi getas jika tidak digunakan dalam waktu lama. Sebaiknya isi angin biasa yang lebih limbung daripada nitrogen yang memiliki molekul padat dan besar.

Dengan karakter besar dan padat, maka nitrogen lebih mudah mengisi ban dan membuatnya jadi kokoh.

”Efeknya ban relatif sulit bergoyang, sesederhana itu,” tutup Johan.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.