Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Menilik Potensi Wisata Petik Jeruk Desa Tempellemahbang Blora

Menilik Potensi Wisata Petik Jeruk Desa Tempellemahbang Blora
Seorang pengunjung mencicip jeruk madu siam organik milik petani Desa Tempellemahbang, Jepon, Blora. (Murianews/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah memiliki potensi wisata yang cukup menarik. Yakni, wisata petik buah jeruk.

Di desa itu, tumbuh ratusan tanaman jeruk madu siam. Ada pula jeruk pamelo. Jeruk-jeruk itu ditanam warga di kebunnya.

Salah satu petani jeruk Desa Tempellemahbang, Sulastri (45) mengatakan sudah sejak 5 tahun menjadi petani jeruk.

”Lahan kurang lebih seluas 0,5 hektar, dan terdapat 400 tanaman jeruk yang telah berbuah,” ucapnya sabtu (16/07/2022).

Ia memilih menanam jeruk karena perawatannya dinilai lebih mudah. Selain itu, jangka waktunya panjang.

Baca: Didatangi Bupati Blora, Warga Sentra Perkebunan Jeruk Curhat Begini

”Ini tahun kedua panen. Untuk harganya Rp 13 ribu-Rp 15 ribu per kilogram. Harga paling rendah Rp 5 ribu. Jadi, tergantung dengan besar kecil buahnya,” ucapnya.

Perawatan tanaman jeruk menurutnya cukup mudah, yakni dengan rutin pemberian pupuk kendang. Ia juga tak menggunakan pupuk kimia, karena mahal dan sulit didapat.

Sulastri berharap, Desa Tempellemahbang bisa dikembangkan menjadi wisata edukasi dengan potensi tanaman jeruk yang ada saat ini.

”Ini sudah dibuka untuk umum. Kalau masuk masih gratis, dan nanti bisa petik sepuasnya,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati mengatakan terus mendorong agar jeruk organik milik petani Tempellemahbang bisa berkembang.

”Blora yang terkenal dengan tanah tandus ternyata bisa tumbuh dan rasanya tak kalah dengan jeruk dari luar daerah. Tentu, kami terus mendorong agar hasil jeruk organik yang luar biasa ini,” katanya.

”Jika di Batu (Jawa Timur) ada (wisata) petik apel. Nanti, mungkin di tempellemahbang ini bisa dikembangkan petik jeruk, sehingga ada pemasukan lain selain dari penjualan buah jeruk,” tuturnya.

 

Kontributor Bora
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.