Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pecel Keong, Kuliner Unik Khas Salatiga yang Patut Dicoba

Pecel Keong, Kuliner Unik Khas Salatiga yang Patut Dicoba
Foto: Pecel keong Salatiga (solopos.com/youtube)

MURIANEWS, Kudus – Salatiga merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah. Selama ini, Salatiga dikenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawan.

Namun, siapa sangka, Salatiga ternyata juga punya makanan khas unik. Salah satunya adalah pecel keong.

Kuliner pecel ini pun banyak ditemukan di berbagai daerah di Jawa. Meski demikian, di sekitar wilayah Salatiga ada satu warung yang menyajikan kuliner pecel dengan unik, yang dipadukan dengan keong atau siput besar.

Baca juga: Makanan Khas Salatiga Ini Tetap Eksis dari Era Mataram hingga Zaman Milenial, Tumpang Koyor Namanya

Warung itu adalah Warung Pecel Mbak Toen yang terletak di Jalan Raya Muncul, Dusun Rowoganjar, Desa Rowobani, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Warung yang menyajikan kuliner unik pecel keong ini pun terbilang cukup legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1970-an.

Melansir Solopos.com dari sebuah kanal Youtube, Selasa (21/6/2022), Warung Pecel Mbak Toen ini tidak hanya menyajikan kuliner unik khas Salatiga berupa nasi pecel keong. Di warung ini, pengunjung juga bisa menikmati hidangan aneka nasi pecel mulai dari nasi pecel belut, nasi pecel ayam, nasi pecel mujair maupun nasi pecel belut.

Selain itu, warung ini juga menyajikan kuliner unik lainnya berupa kolak ketan yang dipadukan dengan pisang kepok jawa. Kendati demikian, menu yang menjadi andalan atau primadona di warung adalah nasi pecel keong, nasi pecel belut, dan kolak ketan pisang kepok.

Selain nikmat, sajian kuliner unik yang lokasinya tak jauh dari pusat Kota Salatiga, yakni nasi pecel keong ini pun harganya cukup terjangkau. Satu porsi nasi pecel keong hanya diharga Rp 12.500.

Lokasi Warung Makan Mbak Toen ini juga cukup mudah dijangkau. Warung makan ini juga terletak di dekat objek wisata pemandian Muncul yang cukup populer di kalangan warga Salatiga maupun pinggiran Kabupaten Semarang.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.