Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Penyebab Knalpot Motor Meletup yang Perlu Diketahui

Ini Penyebab Knalpot Motor Meletup yang Perlu Diketahui
Foto: Ilustrasi knalpot (MathieuGallion dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Knalpot motor terkadang meletup atau nembak. Hal ini tidak jarang bikin kaget pengendara atau orang lain yang kebetulan ada di sekitarnya.

Gejala ini umumnya terjadi pada knalpot racing. Namun pada knalpot bawaan terkadang juga bisa mengalami kondisi ini.

”Sebenarnya knalpot bawaan motor meletup atau nembak itu wajar asalkan hanya sesekali tidak berkali-kali,” jelas Bie Hau, owner produsen knalpot racing ProSpeed seperti dikutip dari Gridoto.com.

Baca juga: Ini Cara Merawat Knalpot Motor agar Tidak Mudah Rusak

Menurutnya knalpot bawaan meletup merupakan hal yang umum terjadi saat pengendara menutup atau mengurangi bukaan gas. Saat mengurangi gas, terdapat beberapa gas buang yang berbalik dan kemudian bertabrakan dengan gas pembuangan. Hasilnya terjadi letupan pada knalpot motor.

Pada knalpot racing, gejala meletup yang terlalu sering dapat merupakan tanda adanya kebocoran. Umumnya knalpot racing akan meletup karena pemasangan header atau leher knalpot dan silincernya kurang rapat.

Saat adanya kebocoran itu, letupan pada knalpot akan sering terjadi. Oleh karena itu jika terjadi letupan tidak perlu khawatir karena belum tentu ada masalah pada mesin jika terjadi sesekali.

Tapi saat knalpot bawaan motor sering meletup setiap menutup gas, sebaiknya periksa sambungan leher knalpot dengan mesin. Periksa sambungan leher knalpot dengan mesin sudah terpasang rapat dan kondisi pakingnya masih bagus.

Karena knalpot bawaan motor meletup yang cukup sering disebabkan sambungan knalpot yang kendur sehingga terjadi kebocoran. Jadi, kebanyakan knalpot nembak bukan karena masalah di mesin, karena sambungan knalpot yang bocor!

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.