Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Jepara Ajak PWI Bermitra, Bangun Daerah dengan Berita Proporsional

PWI Jepara
Pengurus PWI Jepara bertemu dengan Pj Bupati Jepara. (Murianews/istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Di tengah era keterbukaan informasi publik, Penjabat Bupati (Pj.) Jepara Edy Supriyanta mengajak wartawan untuk bermitra membangun daerah dengan memberikan informasi atau berita yang proporsional. Kebutuhan informasi yang valid dan benar dibutuhkan masyarakat untuk berpatisipasi dalam proses pembangunan.

Hal ini disampaikan Edy Supriyanta saat bertemu dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jepara, Senin (11/7/2022), di ruang kerja bupati. Pada pertemuan ini, Edy Supriyanta didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara Arif Darmawan.

“Mari kita bersama – sama bersinergi membangun Jepara lebih maju lagi. Saya kira pers akan sangat memberi peran dalam proses ini,” ujar Edy Supriyanta.

Dikatakan Edy, peran media dalam melakukan pembangunan daerah menjadi sangat penting. Saat ini masyarakat cenderung ingin mendapatkan informasi dengan cepat melalui media mainstream (arus utama).

Peran media, tidak bisa lepas dari kontrol sosial, namun fungsi yang diemban harus berdaya guna atau tidak membuat berita yang bersifat provokatif. Diharapkan, berita di media ini tetap mengandung informasi yang konstruktif dan obyektif.

BACA JUGA: Jebol di Dua Sisi, Tanggul Jembatan Sesek di Kriyan Segera Diperbaiki

“Berita yang disajikan harus melalui berbagai tahap, termasuk klarifikasi. Agar tidak ngaget ngageti. Apalagi menimbulkan ontran – ontran (kekacauan) di masyarakat,” katanya.

Ketua PWI Jepara Budi Santoso menyampaikan, PWI ini merupakan salah satu organisasi profesi kewartawanan yang diakui oleh Dewan Pers dan pemerintah. Dalam menjalankan tugas di lapangan, awak media selalu mengedepankan etika dan mendasarkan pada kaidah-kaidah jurnalistik.

Dalam melakukan peliputan di lapangan, juga menggunakan asas kerja profesional dan, serta menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. PWI Jepara dalam hal ini masih dan akan terus membangun SDM anggotanya agar semakin baik.

“Kami berterima kasih bisa diterima bapak bupati. Dalam kesempatan ini kami beruntung bisa bersilahturahmi dengan beliau. Selanjutnya juga bisa berdialog dan berdiskusi mengenai situasi dan kondisi dunia pers di Jepara,” katanya.

Sementara itu, wartawan senior di Jepara, Sukardi menyampaikan sejumlah isu dan permasalahan penting yang saat ini sedang dihadapi Jepara. Mulai masalah pembangunan, hingga permasalahan kesehatan anak terkait kasus stunting.

Menurutnya, informasi yang disampaikan pemerintah daerah terkait isu-isu ini bisa dilakukan dengan efektif, efisien dan akurat. Dalam hal ini masyarakat membutuhkan informasi yang jelas sehingga tidak malah mendapartkan penafsiran yang membingungkan.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.