Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemkab Kudus Klaim Hewan Kurban di Kudus Bebas PMK

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, belum menemukan adanya sapi kurban yang terindikasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kota Kretek. Pemkab pun mengklaim jika semua hewan ternak yang disembelih di Kudus bebas dari PMK.

Subkoordinator Produksi dan Kesehatan Hewan Dispertan Kudus Sidi Pramono menyampaikan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan pemantauan di sejumlah masjid di sembilan kecamatan di Kudus.

”Hasilnya tidak ada, bisa dikatakan semua sehat dan terbebas dari PMK,” kata dia di sela pemantauan lapangan di Masjid Agung Kudus, Senin (11/7/2022).

Ia menyebut, sebagian besar panitia kurban juga telah paham apa yang harus dilakukan bila ditemukan ternak kurban bersuspek PMK. Sehingga pihaknya tidak terlalu khawatir akan hal ini.

”Kami sebelum ini kan sudah mengedukasi mereka dan kami rasa mereka juga sudah paham apa yang harus dilakukan bila ditemukan kasus PMK pada ternak,” ujarnya.

Baca: Belum Ditemukan Cacing Hati Pada Hewan Kurban di Kudus

Timnya sendiri, lanjut Sidi, masih akan memantau kesehatan hewan ternak yang dikurban hingga Selasa (12/7/2022) besok.

”Selain memeriksa ternak kurban ber-PMK, kami juga melakukan pengecekan pada hati sapi untuk mencari apakah ada ternak yang terkena cacing hati, hasilnya saat ini juga masih nihil,” tambahnya.

Dispertan mengaku tidak bisa memantau semua masjid yang menggelar penyembelihan kurban di Kabupaten Kudus terkait hal ini.

Oleh karenanya, dia menganjurkan bila ditemukan cacing hati pada hati sapi atau ternak lainnya, maka disarankan untuk dibuang bagian hati yang terkena cacing saja.

”Begitu pula kalau ditemukan rumahnya, sebaiknya bagian itu dibuang saja karena memang tidak layak dikonsumsi,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.