Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bukan Sabtu Atau Minggu, Iduladha Jemaah Aboge Purbalingga Jatuh Hari Ini

ilustrasi salat berjemaah (Dok Murianews)

MURIANEWS, Purbalingga – Perbedaan Iduladha yang dilakukan 10 Zulhijah ternyata tak hanya dilaksanakan Sabtu (9/7/2022) dan Minggu (10/7/2022). Di Purbalingga, Jemaah Alif Rebo Wage (Aboge) bahkan baru menggelar salat Iduladha hari ini, Senin (11/7/2022).

Penetapan itu terjadi setelah jemaah Aboge melakukan perhitungan berdasarkan penanggalan yang digunakan jemaah Aboge. Hasilnya, 10 Zulhijah jatuh pada Senin Pon hari ini.

”Karena ini kan yang dinamakan Aboge, tahunnya tahun Alif, jatuhnya 1 Dzulhijah harinya Sabtu kalau harinya Sabtu kan Lebaran-nya tanggal 10 itu jatuhnya hari ini Senin Pon,” kata ulama Aboge Kyai Maksudi seperti dikutip, detikJateng (11/7/2022)

Dari situ, lanjutnya, pelaksanaan salat Iduladha jemaah Aboge digelar di Masjid Raden Sayid Kuning Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga.

Maksudi menjelaskan, penggunaan perhitungan tanggal yang selama ini dipakai menurutnya adalah hisab. Namun dasar perhitungannya, kata dia, adalah hitungan penanggalan Jawa.

”Khilafiyah itu kan rahmat, pada prinsipnya sama Aboge juga pakai hisab,” ucapnya.

Dalam khutbahnya dia berpesan agar umat muslim senantiasa meningkatkan persaudaraan. Dalam hidup kata dia perlu agar manusia senantiasa berbuat kebaikan kepada sesama.

”Kotbahnya untuk meningkatkan ukhuwah islamiah, sing rukun lah istilahnya. Fastabikhul khairat marilah berlomba-lomba untuk kebaikan,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan untuk perbedaan Aboge dengan Islam yang lain hanya soal penentuan tanggal. Menurutnya hubungan dengan masyarakat muslim dan lebih luas lagi antarumat beragama selama ini berjalan beriringan dengan rukun.

”Alhamdulillah rukun, nanti daging kurban juga akan dibagikan juga di luar jemaah. Ini perbedaan waktu saja, untuk hal yang mudah jangan dipersulit,” tutupnya.

 

Penulis: Supriyadi
Eidtor: Supriyadi
Sumber: Detikjateng.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.