Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mau Empukkan Daging dengan Mudah? Coba Gunakan Bahan Ini

Mau Empukkan Daging dengan Mudah? Coba Gunakan Bahan Ini
Foto: Ilustrasi daging (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Masak daging supaya bisa empuk tidak bisa dilakukan dengan mudah. Banyak orang yang merasa kesulitan untuk mengolah daging menjadi empuk.

Selama ada beberapa cara untuk membikin daging menjadi empuk. Seperti menggunakan panci presto, masak dengan teknik slow cooking, hingga melumuri dengan buah.

Namun ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging, yakni menggunakan baking soda. Mengutip Kompas.com dari Tasting Table, baking soda bisa membuat permukaan daging jadi alkali dan protein lebih sulit terikat.

Baca juga: Ini Jenis Potongan Daging Sapi yang Perlu Diketahui, Paling Mahal Bagian Ini

Hal tersebut menjaga daging agar tetap empuk ketika dimasak. Cara ini dapat dilakukan saat daging akan dipanggang atau bakar.

Dilansir dari leaf.tv, walau dapat mengempukkan daging tidak semua jenis daging cocok menggunakan baking soda. Teknik ini tidak dapat diterapkan untuk potongan utuh seperti steak, dada ayam, dan potongan daging babi.

Berikut adalah langkah yang bisa diikuti bila ingin mengempukkan daging pakai baking soda:

Persiapkan Daging

Pertama siapkan daging yang akan diempukkan dengan baking soda. Kemudian potong daging sedikit lebar karena efek baking soda akan optimal jika irisan daging tipis dan permukaannya lebar. Karena semakin lebar permukaan daging, semakin banyak bagian daging yang terkena baking soda, sehingga membuat daging lebih cepat empuk.

Campur Daging dengan Baking Soda

Terdapat dua cara untuk mengempukkan daging dengan baking soda. Yang pertama dengan menggosok permukaan daging langsung dengan baking soda.
Caranya taruh potongan daging di atas tempat lalu gosok permukaan daging secara merata. Kemudian daging yang sudah digosok dengan baking soda dapat disimpan dalam lemari es selama tiga sampai lima jam di kulkas.

Cara kedua yaitu dengan merendam daging di dalam larutan baking soda. Caranya campur satu sendok teh baking soda disetiap 453 gram daging. Kemudian rendam hingga seluruh bagian daging tertutup. Rendam daging dan diamkan selama 15 hingga 20 menit di suhu ruang.

Bilas Daging

Setelah daging cukup empuk, bilas daging dengan air bersih untuk menghilangkan baking soda yang menempel pada permukaannya. Lalu keringkan permukaan daging dengan kain bersih  atau tisu dapur sebelum dimasak.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.