Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Khotbah Iduladha di Kudus Bikin Adem, Ini Pesan Khatib

Warga Kudus melaksanakan salat Iduladha di Stadion Wergu Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (9/7/2022). (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Khotbah salat Iduladha yang digelar di Stadion Wergu Wetan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (9/7/2022) bikin adem. Sang khatib memberikan pesan yang cukup dalam dalam khotbahnya.

Dalam khotbahnya, Sigit Mahmudi, khatib dalam khotbah Salat Iduladha itu mengajak Jemaah memakmurkan masjid dan tak mempersoalkan perbedaan waktu salat Iduladha.

Khatib mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid lewat salat berjemaah lima waktu. Sebab, pahala salat berjemaah lebih banyak daripada salat munfarid.

”Tetangga dekat masjid itu wajib melaksanakan salat berjemaah. Karena itu lebih bagus,” katanya, Sabtu (9/7/2022).

Baca: Muhammadiyah di Kudus Salat Iduladha, Khatib: Tak Perlu Poyok-Poyokan

Dia melanjutkan, sebagai umat tidak diperbolehkan untuk meninggalkan salat. Bahkan, ketika sudah mendengarkan azan agar segera melaksanakan salat.

Lebih lanjut, dia juga mengimbau jemaah Muhammadiyah yang hari ini sudah melaksanakan salat Iduladha tidak mengejek kelompok lain. Menurutnya, perbedaan salat Iduladha tidak perlu diperdebatkan.

Perihal perbedaan pelaksanaan Iduladha, menurutnya tidak perlu dibesar-besarkan. Karena setiap kelompok punya dasar penentuan masing-masing.

”Karena nanti malah membuat perpecahan yang mengakibatkan umat menjadi kocar-kacir,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.